GadgetSquad.id – DisplayMate menguhi layar ProMotion baru pada iPhone 13 Pro Max. Temuannya tidak lain hanyalah positif, karena flagship baru dari Apple itu mendapatkan DisplayMate Best Smartphone Display Award dengan nilai A+.

Setiap layar iPhone 13 Pro Max telah dikalibrasi di pabrik untuk akurasi warna dan kontras. Ponsel ini mendukung konten sRGB dan DCI-P3 dan merender keduanya dengan akurasi yang hampir sempurna, seperti dikutip GSM Arena.

Layar mencetak 0,5 JNCD (Just Noticeable Color Difference) untuk kedua format (nilai kurang dari 1 berarti pengguna tidak dapat melihat perbedaan dengan mata telanjang). Keakuratan rendering warna dan skala intensitas tidak dipengaruhi oleh konten gambar, yaitu dengan Average Picture Level (APL) yang berbeda.

Dengan mengaktifkan kecerahan otomatis dan layar putih penuh (APL 100 persen), layar mengeluarkan 1.051 nits untuk gamut warna sRGB dan DCI-P3. Dengan kecerahan otomatis dari atas adalah 846 nits. 

Tapi bukan itu saja, iPhone 13 series juga mendukung konten HDR10 dan Dolby Vision. Kecerahan puncak untuk konten HDR adalah 1.200 nits. Layar hanya memantulkan 4,6 persen cahaya yang masuk, terendah yang diukur oleh DisplayMate sejauh ini.

Selain itu, mode True Tone juga menyesuaikan titik putih dan keseimbangan warna layar tergantung pada cahaya sekitar. Layar juga dapat bertahan dengan baik saat dilihat dari sudut 30 derajat, hanya kehilangan 24 persen kecerahannya dan mengalami pergeseran putih 3,1 JNCD pada sudut tersebut.

Selain itu, tampilan layar juga, bekerja ketika pengguna menggunakan kacamata hitam terpolarisasi apakah memegangnya dalam orientasi potret atau horizontal