GadgetSquad.ID – Beberapa waktu lalu Tecno, sudah memberi tanda akan segera merilis deretan hape baru ke Tanah Air. Produk anyar tersebut, digadang siap menghentak persaingan hape gaming di Indonesia.

Nah, tak ingin sekedar mengumbar janji belaka, Tecno resmi mendaratkan hape baru di Tanah Air. Tak hanya satu tapi, 3 hape baru dari keluarga Tecno Pova Series, resmi memulau debutnya di bulan ini.

Deretan hape anyar itu yakni, Tecno Pova 4, Pova 4 Pro dan Pova Neo 2. Sesuai yang sudah digembar-gemborkan, semua anyar itu mengusung kemampuan gaming sebagai salah satu daya jual utamanya.

Jefry Fernando, Digital Marketing Manager Tecno Indonesia, menuturkan, masyarakat Indonesia sangat suka bermain game di smartphone. Akan tetapi, HP gaming di Indonesia harganya masih cukup mahal, sehingga Tecno Pova 4 Series mencoba membongkar stigma tersebut.

“Banyak sekali HP gaming di pasaran, tetapi kami mendengar keluh kesah anak muda Indonesia mengenai harga dari HP gaming yang terlalu mahal. Ini sesuatu yang harus dipecahkan dan Pova 4 Series akan menghancurkan anggapan tersebut,” ujar Jefry di acara peluncuran pada Kamis

“Tecno Pova 4 Series merupakan smartphone gaming untuk anak muda dengan performa yang lebih nyata, menakjubkan dan konektivitas yang cepat,” tegas Jefry.

Berbicara spesifikasi, dapur pacu Tecno Pova 4 Pro ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G99 dengan dukungan teknologi Panther Engine 2.0.

Ade Yunita Batubara, Product Manager Tecno Indonesia, menjelaskan, teknologi Panther Engine 2.0, mampu mengoptimalkan perfoma HP ketika bermain game.

“Panther Engine 2.0 membuat HP gak gampang ngelag karena mampu mengoptimalkan performa game sehingga bermain game bisa lancar,” ungkapnya.

Masih soal dapur pacu, hape ini memiliki RAM 8GB dengan 5GB Extended RAM serta memori 256 GB. Selain RAM, baterainya juga jumbo sebesar 6.000 mAh dengan dukungan fast charging 45W.

Spesifikasi layar Tecno Pova 4 Pro turut mendukung kegiatan gaming pengguna. Layar HP ini memakai bahan AMOLED berukuran 6,66 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz.

Meski berstatus sebagai HP gaming, spesifikasi kamera Tecno Pova 4 Pro cukup mumpuni. Disematkan kamera utama 50MP, 2MP AI Bokeh Camera dan kamera depan 8MP.

Demi mendukung aktivitas gaming yang lama, tersedia sistem pendingin grafit multilayer dengan jangkuan area 11.726 mm persegi. HP ini tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu Uranolith Grey, Rutile Orange dan

Beralih ke Tecno Pova 4. Seri Pova 4 punya spesifikasi mirip dengan Pova 4 Pro, dimana dapurnya dibekali chipset MediaTek Helio G99, plus dukungan teknologi Panther Engine 2.0. Kameranya juga memakai kamera utama 50MP, 2MP AI Bokeh Camera dan kamera depan 8MP.

Perbedaan Tecno Pova 4 dengan 4 Pro, ada di sektor layar, baterai dan juga kapasitas memori. Ukuran layar Pova 4 memang lebih besar 6,82 inci, akan tetapi memakai bahan standar IPS LCD dengan resolusi HD+ dan refresh rate 90Hz.

Untuk baterai sama-sama berukuran 6000 mAh, tetapi hanya memakai 18W Flash Charge. Jangkauan sistem pendingin grafit multilayer dengan jangkauan 10.718 mm persegi. Kapasitas memorinya tergolong lebih kecil hanya 128 GB saja.

Perbedaan lainnya dapat pula terlihat dari pilihan warna dimana Pova 4 menawarkan warna Uranolith Grey, Lava Orange dan Cryolite Blue.

Selanjutnya spesifikasi Tecno Pova Neo 2. Hape ini hadir dengan dapur pacu MediaTek Helio G85. Ada dua tipe RAM dan penyimpanan, yaitu 4/64 GB dan 6/128 GB. Penyimpanan internalnya dapat diperluas menggunakan kartu microSD, yang mampu menampung kapasitas hingga 1 TB.

Tecno Pova Neo 2 dilengkapi layar IPS LCD 6,82 inci dan resolusi HD Plus (720 x 1.640). Soal menu imaging, terdapat 2 kamera di bodi belakang. Komposisinya, kamera utama 16MP dan kamera kedalaman (depth camera) 2MP. Sementara kamera depannya yang memiliki resolusi 8 MP

Tecno Pova Neo 2 hadir dengan kapasitas baterai jumbo 7.000 mAh. Charger baterai yang disertakan memiliki output 18 watt.

Berbicara harga, Tecno Pova 4 dibandrol Rp2.299.000, untuk Tecno Pova 4 Pro dilego Rp2.999.000.

Sementara Pova Neo 2 RAM 6GB/128GB dibandrol Rp1.999.000. Sedangkan untuk RAM 4GB/128GB dibandrol dengan harga Rp1.799.000. Perlu dicatat, untuk varian 4GB hanya dijual online. Ketiga hape anyar dari Tecno tersebut, bakal tersedia di pasar mulai 17 Oktober 2022.