GadgetSquad.ID – Pandemi Covid-19 di Indonesia sejatinya belum ada tanda-tanda akan berakhir dalam waktu dekat. Namun pemerintah telah melakukan pelonggaran pergerakan.

Merujuk kondisi tersebut tak menutup kemungkinan tahun ini, pemerintah tidak akan melarang aktivitas mudik pada momen Idul Fitri 2022.

Nah, jika pada akhir mudik tidak dilarang, Smartfren sudah bersiap memanjakan pelanggan dengan layanan terbaiknya.

Lebih lanjut soal kesiapan Smartfren menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 2022, operator yang satu ini memprediksi bakal peningkat penggunaan internet, hingga 14,5 persen.

Sebagai catatan, pada momen yang tahun lalu, Smartfren mengalami peningkatan trafik internet hingga 9,6 persen.

Agus Rohmat, VP of Network Operations Smartfren, menuturkan, kenaikan tersebut lantaran kemungkinan pemerintah tidak mengeluarkan larangan mudik seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, Agus menambahkan, jika mudik tidak dilarang, diprediksi gelombang mudik masif bakal terjadi jelang Idul Fitri 2022. Ia memperkirakan trafik data di area mudik meningkat mulai H-7 Idul Fitri.

Smartfren juga sudah memetakan bakal ada 14 area kemacetan atau keramaian di sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa.

Untuk itulah, tim Smartfren saat ini tengah dalam progress pengecekan jaringan di semua jalur mudik, dari sisi coverage maupun capacity, termasuk dilakukan optimasi jaringan.

Jika ada peningkatan, Smartfren pun akan menambah kapasitas guna memenuhi kebutuhan pemudik.

“Kalau ada mudik, kami petakan dengan melakukan test drive. Untuk mengantisipasi adanya kemungkinan peningkatan trafik, kami fokuskan di area mudik, termasuk penyiapan mobile BTS,” jelas Agus dalam press conference Uji Jaringan Smartfren, di Bandung, Jawa Barat.

Tak hanya itu, Guna memenuhi kebutuhan peningkatan trafik saat berlangsungnya mudik, Smartfren membentuk tim satgas yang bekerja 24 jam sepanjang masa mudik. Tim ini terdiri dari 227 engineer lapangan dan 79 tim engineer optimasi jaringan.

Smartfren juga memantau kondisi jaringannya melalui NOC yang juga berkerja 24 jam. Jika ada yang jaringan yang bermasalah, tim ini bakal berkoordinasi dengan tim lapangan untuk memperbaikinya. Smartfren pun akan membuka call center 24 jam sepanjang masa mudik 2022.