Kala 3 Sutradara Ternama, Membuktikan Ketangguhan Kamera Oppo Find X3 Pro 5G

GadgetSquad.ID – Berbagai cara kreatif ditempuh Oppo untuk mempromosikan berbagai produk andalannya. Teranyar, melalui kolaborasi Oppo CineFinders, yang digawangi Garin Nugroho, Jay Subiyakto, dan Riri Riza, hadirlah tiga film pendek berkelas.

Ketiga film pendek itu yang keseluruhan pengambilan gambarnya menggunakan Oppo Find X3 Pro 5G. Ketiga film berjudul Siklus, Dedari, dan You and Me in Low Angle yang berdurasi 7 hingga 15 menit.

Chief Creative Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen, mengungkapkan, pihaknya sangat bangga dapat menggandeng tiga sutradara handal Indonesia yaitu Garin Nugroho, Jay Subiyakto, dan Riri Riza sebagai Oppo CineFinders untuk membuktikan rangkaian fitur canggih Oppo Find X3 Pro 5G dalam produksi karya film pendek eksklusif mereka.

“Bagi mata pembuat film, kemampuan perangkat dalam menangkap detail gambar dan menampilkan warna yang kaya memegang peranan penting dalam menerjemahkan esensi cerita yang ingin disampaikan. OPPO Find X3 Pro 5G adalah smartphone flagship Oppo terkini dengan Full path Color Management System pertama di dunia yang mampu menangkap, menyimpan, dan menampilkan hingga 1 milyar warna senyata aslinya.”

Fitur 1 Billion Colour juga diimplementasikan melalui Dual Primary Cameras yang mengandalkan kecanggihan lensa Wide dan Ultra-Wide 50 megapixel dengan sensor Sony IMX766. OPPO Find X3 Pro 5G juga dilengkapi fitur-fitur videografi seperti AI Highlight Video, 4K Cinematic Mode, RawPlus, dan AI Scene Enhancement.

Keseluruhan fitur canggih ini merupakan paket lengkap yang mampu mendampingi baik kreator film amatir maupun kelas profesional sekalipun dalam menghasilkan karya berkualitas.

Menurut sutradara “Dedari”, ada beberapa tantangan yang dihadapi Jay saat proses syuting, mulai dari cuaca yang tidak bersahabat sampai keharusan mengambil gambar dalam satu take.

Film Dedari sendiri, menceritakan tarian Sanghyang Dedari asal Pulau Dewata yang tergolong sakral dan dianggap sebagai tarian penolak bala atau wabah penyakit

“Yang jadi kendala adalah nggak boleh di-take berulang-ulang karena hanya bisa ditarikan oleh anak perempuan yang belum akil balig, yang masih sangat suci,” kata Jay dalam Premier Film Pendek Eksklusif CineFinders di Jakarta.

“Kebetulan penarinya ini kembar, dan buat saya unik sekali bisa dapat mereka. Saya pikir saya harus buat seefisien mungkin,” sambungnya.

Disini lah salah satu keunggulan Oppo Find X3 Pro 5G. Untuk mengatasi kendala one take itu, Jay yang turut menjadi director of photography membuat rigging khusus yang kemudian dipasangi lima Oppo Find X3 Pro 5G.

Kelima ponsel itu digunakan untuk mengambil gambar di sudut pandang yang berbeda sambil memanfaatkan lensa utama, telephoto, dan ultra wide-nya.

Sementara itu Garin Nugroho, menjelaskan, pandemi ini mengharuskan kita memanfaatkan teknologi sebaik mungkin dalam berkarya, termasuk dalam memproduksi film profesional menggunakan smartphone.

“Tantangan utamanya adalah bagaimana mengemas kisah dan menjabarkannya melalui smartphone, serta platform apa yang paling sesuai untuk menikmati film ini.”

“Saya sangat bangga berkesempatan menjajal keunggulan fitur-fitur OPPO Find X3 Pro 5G seperti lensa Wide dan Ultra-Wide 50 MP yang mampu mengambil gambar lebih lebar dan sangat detail sekalipun dalam format vertikal sehingga mampu menghasilkan karya berkualitas.”

Sementara Riri Riza, OPPO CineFinders, mengutarakan, jika inovasi adalah unsur penting bagi saya, seperti halnya ketika saya harus mengikuti perkembangan teknologi di industri perfilman. Kemajuan teknologi adalah sebuah peluang dengan memaksimalkannya sebagai pendamping dan menyempurnakan karya yang saya produksi.

“Oppo Find X3 Pro 5G memiliki resolusi tinggi layaknya kamera profesional, membuatnya sebagai perangkat rekam gambar yang ideal untuk pembuatan film. Kecanggihan fitur AI Highlight Video dan AI Scene Enhancement dibuktikan ketika saya menangkap proses transisi waktu dari sore menuju malam dan gambar pada malam hari dengan minim cahaya yang ditampilkan secantik aslinya.”

Jika kamu penasaran, bagaimana kualitas imaging
Oppo Find X3 Pro 5G dalam menghasilkan gambar bergerak, ketiga film pendek dapat disimak di Youtube Oppo Indonesia mulai 27 Oktober 2021.