Kamera Android Zeiss ZX1 Mulai Pre-order, Harganya Rp 88 Juta

GadgetSquad.id – Kamera mirrorless dengan lensa tetap, Zeiss ZX1 tampaknya sudah mulai dijual, karena baru-baru ini muncul dan bisa dipesan di situs toko daring B&H meskipun terdapat catatan ‘Notify When Available’. Kamera bertenaga Android itu awalnya diumumkan dua tahun lalu pada September 2018, dengan peluncuran yang direncanakan pada awal 2019, tapi tidak jelas kelanjutannya.

Zeiss ZX1 memiliki sensor CMOS 37,4 MP full-frame dengan sensitivitas ISO 80-51200 yang mampu merekam video 4K30 dan pengambilan burst 3fps. Sensor ini cocok dengan lensa tetap Zeiss Distagon T-35mm f2. Kamera juga memiliki desain leaf shutter, sistem AF 255 titik, kecepatan rana fisik dan ISO dial, serta jendela bidik OLED 1080p berukuran 0,7 inci dan layar sentuh LCD 720p 4,3 inci.

Merek asal Jerman itu, melengkapi ZX1 dengan jack headphone dan mikrofon, bersama dengan top hot shoe. Dirancang dapat menangkap, mengedit, dan berbagi gambar langsung, kamera sudah mengintegrasikan Adobe Photoshop Lightroom CC dalam antarmuka pengeditannya, sehingga pengguna dapat dengan cepat mengedit gambar.

Selain itu, pengguna juga bisa langsung mengunggah gambar menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC bawaan. Atau bahkan dapat menyimpan gambar di penyimpanan flash 512 GB internal, demikian dilansir GSM Arena, Senin, 5 Oktober 2020.

Sistem Android yang dipasang Zeiss cukup sederhana, meskipun jarang dibicarakan, tapi yang digunakan adalah versi Android yang sangat disesuaikan, jadi tidak persis seperti yang terlihat pada kamera Samsung Galaxy, di mana itu hanya smartphone dengan kamera terpasang di bagian belakang.

Zeiss ZX1 dihargai senilai US$ 6.000 (Rp 88 jutaan), tidak cukup mengejutkan untuk sebuah merek tersebut. Kualitas gambarnya juga seharusnya bisa sangat baik meskipun mungkin tidak bagus jika dilihat dari harganya. Namun, apa yang masih harus dilihat adalah bagaimana kinerja perangkat lunak dan perangkat keras berbasis Android 2018 pada akhir 2020, dengan asumsi belum ada perubahan sejak pertama kali diumumkan.