Sony Indonesia resmi meluncurkan berbagai produk pencitraan terbaru yang luar biasa, yaitu kamera flagship terbaru Alpha 1, Lensa FE 50mm F1.2 GM (model SEL50F12GM), serta tiga lensa luar biasa dari seri G Lens, FE 50mm F2.5 G (model SEL50F25G), FE 40mm F2.5 G (model SEL40F25G) dan FE 24mm F2.8 G (model SEL24F28G). Produk-produk pencitraan terbaru dari Sony ini dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur terdepan yang dapat menunjang kreativitas para fotografer dan videografer dari berbagai genre, terutama bagi mereka yang menggeluti genre fotografi portrait.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia mengungkapkan, “Kami selalu mendengarkan masukan dari para pelanggan dan terus berinovasi untuk menghadirkan produk- produk pencitraan terbaik kepada para pecinta fotografi dan videografi. Dengan hadirnya kamera Alpha 1, lensa FE 50mm F1.2 GM dan tiga lensa terbaru dari seri G Lens, kami harap seluruh pengguna Sony dapat memanfaatkan produk-produk ini untuk lebih bebas bereksplorasi dan menghasilkan karya-karya menakjubkan dengan kualitas yang luar biasa.”

Kamera Alpha 1 merupakan pencapaian tertinggi Sony untuk kamera full-frame mirrorless karena menggabungkan performa resolusi tinggi dengan kecepatan tinggi pada tingkat yang belum pernah ada sebelumnya. Memiliki berbagai kemampuan terdepan serta pengoperasian yang mudah dan andal, kamera Alpha 1 ini sangat cocok untuk para fotografer dan videografer profesional, serta sangat direkomendasikan untuk para fotografer portrait dan birding.

Kamera terbaru ini dilengkapi dengan sensor gambar Exmor RS™ CMOS full-frame terbaru dengan 50,1 megapiksel yang dibuat dengan memori integral. Sensor gambar ini dipasangkan dengan mesin pemrosesan gambar BIONZ XR™ yang telah ditingkatkan dengan daya pemrosesan delapan kali lebih banyak, memungkinkan pengambilan gambar 50.1-megapiksel secara terus menerus pada 30fps yang luar biasa tanpa blackout dengan perhitungan hingga 120 AF/AE per detik. Selain itu, hal ini juga memungkinkan kamera untuk menghasilkan wide dynamic range sebanyak 15+ stop untuk video 4 dan 15 stop untuk still.

Kamera Alpha 1 juga memiliki kemampuan autofokus yang canggih. Kamera ini dapat memastikan ketepatan dan fokus yang tidak akan gagal pada lingkungan yang sulit untuk melakukan pemfokusan berkat adanya 759 phase detection points dalam sistem AF phase- detection bidang fokus dengan kepadatan tinggi yang mencakup sekitar 92% area gambar. Lalu, dengan adanya mesin pemrosesan gambar BIONZ XR yang andal, Real-time Eye AF canggih Sony meningkatkan performa deteksi sebesar 30% dibandingkan sistem sebelumnya. Lebih lagi, selain memiliki Real-time Eye AF untuk manusia dan hewan, Alpha 1 juga menyediakan Real-time Eye AF untuk burung 6 yang pertama dalam seri Alpha.

Untuk pertama kalinya di dunia, kamera terbaru ini dilengkapi shutter elektronik yang menawarkan pengambilan gambar secara terus-menerus anti-flicker senyap, tanpa suara mekanis dan getaran. Kamera Alpha 1 ini juga memungkinkan sinkronisasi flash shutter elektronik hingga 1/200 9 detik untuk pertama kalinya dalam kamera Alpha. Selain itu, kamera Alpha 1 juga dapat lebih mudah menangkap gerakan dinamis berkat adanya mechanical shutter flash tercepat di dunia 10 dengan sinkronisasi hingga 1/400 detik.

Selain itu, Sony juga memperkenalkan lensa G Master terbaru yang dapat menghasilkan bokeh indah serta performa autofokus dan pelacakan tinggi pada F1.2 yakni, Lensa FE 50mm F1.2 GM. Lensa ini dapat memberikan mobilitas tinggi dan penanganan mudah untuk lensa 50mm F1.2 kepada para penggunanya berkat faktor bentuk yang sangat ringan dan ringkas (φb87 x 108mm, 778g.). Selain itu, berbagai keunggulan yang dimiliki lensa FE 50mm F1.2 GM membuatnya cocok untuk digunakan oleh para fotografer dan videografer, terutama untuk para penggemar fotografi portrait.

Lensa terbaru ini dapat menghasilkan bokeh yang dalam dan halus di latar depan, serta latar belakang berkat adanya unit bukaan melingkar 11-blade yang baru dikembangkan dan desain optik yang disempurnakan dengan spherical aberration minimal. Untuk memberikan dimensi pada setiap gambar, lensa FE 50mm F1.2 GM menciptakan bokeh G Master yang dramatis pada bukaan F1.2 maksimum.

Disamping itu, lensa FE 50mm F1.2 GM memiliki empat XD (extreme dynamic) Linear Motors yang memberikan efisiensi daya dorong tinggi, sehingga dapat menjaga subjek dalam fokus tajam bahkan pada shallow depth of field dengan AF, serta pelacakan yang cepat, tepat dan senyap. Karena memiliki respon yang sangat baik dengan penundaan minimal dan rendah getaran, lensa ini memungkinkan pengguna untuk fokus pada komposisi saat pemfokusan tepat dibutuhkan, terutama saat merekam video 4K dengan pelacakan mata manusia. Dengan mekanisme fokus melayang pada lensa yang dikontrol oleh algoritma penggerak lensa khusus, lensa ini dapat mencapai resolusi tinggi pada seluruh rentang fokus dengan jarak fokus minimum 0,4m.

Harga & Ketersediaan

Kamera Alpha 1 dan Lensa FE 50mm F1.2 GM akan segera hadir di Indonesia pada bulan Mei 2021. Sony Alpha 1 dibanderol dengan harga Rp 91.999.000, Lensa FE 50mm F1.2 GM dengan harga Rp30.999.000. Pembelian perangkat secara pre-order untuk kamera Alpha 1 dan lensa dapat dilakukan mulai dari tanggal 26 Maret – 25 April 2021.