GadgetSquad.id – Berbeda dengan Xiaomi Redmi 6 yang ditenagai prosesor Mediatek Helio P22, Hp Xiaomi terbaru lainnya yang belum lama diluncurkan berbarengan, ternyata menggunakan prosesor yang berbeda. dapur pacu Hp Xiaomi yang satu ini disokong prosesor Prosesor MediaTek Helio A22. Seperti apa kehebatan prosesor yang satu ini ?

prosesor mediatek

Prosesor MediaTek Helio A22 tergolong seri prosesor terbaru yang diluncurkan Mediatek. Prosesor ini memang sengaja dibuat khusus untuk mendukung performa Hp kelas midle to low end atau Hp kelas menengah je bawah berharga murah. Chipset prosesor ini memiliki keunggulan konsumsi daya yang rendah yang bakal ada di beberapa smartpohne murah. Mediatek mengklaim bahwa kinerja CPU 30% lebih tinggi daripada Qualcomm Snapdragon 450 denga kinerja GPU meningkat sebesar 72%.

MediaTek Helio A22 diproduksi melalui proses 12nm. Ini sama dengan pembuatan prosesor seri lainnya yaitu Helio P22. Chipset ini mengintegrasikan empat core CPU A53 di 2.0GHz. Helio A22 menggabungkan teknologi CorePilot, yang mampu mendeteksi aplikasi apa saja yang dijalankan di Hp, dan kemudian mendistribusikan beban kerja ke CPU tertentu pada frekuensi dan voltase khusus. Sehingga membuat kinerja Hp bisa berjalan kencang.

Baca juga : Ini Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 6A di Indonesia

Selain itu, ada komponen hub sensor daya ultra-rendah yang miniatur, yang cocok untuk aplikasi seperti pedometer, operasi suara, dan fitur lain yang membutuhkan data penginderaan jangka panjang, tanpa mempengaruhi pengoperasian CPU, dan menghemat energi lebih lanjut.

Didukung dengan GPU PowerVR, processor ini mendukung layar hingga resolusi 1,600 × 720 dan aspek rasio 20: 9. Selain itu prosesor Mediatek A22 ini juga sudah mendukung format video H. 264 1080p / 30fps, sedangkan decoding video mendukung H.264 / H.265 1080p / 30fps. Penggunaan processor ini mendukung memori LPDDR3-933 dan LPDDR4X-1600. Kapasitas maksimum adalah 4GB dan 6GB, dan mendukung penyimpanan eMMC 5.1.

Selain itu prosesor MediaTek Helio A22 mendukung kamera tunggal dengan resolusi hingga 21MP atau dual kamera dengan kombinasi 13MP + 8MP. Selain itu juga sudah mendukungan berbagai fitur seperti kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung untuk unlocked screen, album foto pintar, blur latar belakang kamera tunggal / ganda (efek bokeh), pengurangan noise kamera, zoom gambar yang jernih, dan fungsi lainnya.

Baca juga : Xiaomi Redmi 6A vs Redmi 5A, Apa Bedanya?

Soal dukungan konektivitasnya, prosesor ini sudah mendukung unduhan LTE Cat.7, upload LTE Cat.13, VoLTE, ViLTE, WoWi-Fi, dual 4G VoLTE, TAS 2.0 , agregasi operator, dan teknologi lainnya. Bahkan penggunaan processor ini mendukung dalam hal konektivitas nirkabel, mendukung Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5.0, FM, GPS, Galileo, GLONASS, Baidu. dengan sub-operasi khusus baru ini diklaim memiliki akurasi meningkat sebesar 10%, dan konsumsi daya dikurangi atau lebih hemat sekitar 24%.

Mediatek Helio A22 sudah digunakan pada Hp terbaru Xiaomi Redmi 6A. Di mana Hp ini menjadi yang pertama mengusung prosesor MediaTek seri entry level ini.