GadgetSquad.id –  OPPO belum lama ini sudah merilis sistem operasi terbarunya yaitu ColorOS 13. Ini merupakan versi lanjutan dari sistem operasi lainnya ColorOS 12. Salah satu fitur unggulan yang dibawa yaitu fitur keamanan data dan juga provasi.  

ColorOS 12 dan ColorOS 13 (1)

“OPPO sangat peduli dengan kemanan data dan privasi penggunanya. Oleh karena itu, melalui sistem operasi ColorOS, OPPO menjamin perangkat lini seri Find dan Reno untuk menerima security update selama 4 tahun kedepan setelah diluncurkan, sementara perangkat lini seri A akan menerima peningkatan security update selama 3 tahun kedepan sejak diluncurkan. Selain meluncurkan pembaruan security update  pada sistem operasi ColorOS, OPPO juga bekerjasama dengan erat dengan pengembang chipset  untuk penelitian dan pengembangan bersama untuk menambal berbagai celah keamanan,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Kebocoran privasi data pribadi dan keamanan data termasuk ketika melakukan pembayaran digital kini coba diminimalisir melalui sistem operasi pada smartphone OPPO baik pada ColorOS 12 maupun ColorOS 13 yang memang dihadirkan dengan keamanan dan privasi terbaik. Berbagai teknologi dan fitur telah dikembangkan OPPO untuk memberikan kenyamanan penggunaan perangkat smartphone terutama dalam privasi dan keamanan. 

Fitur Keamanan ColorOS 12 dan ColorOS 13

Berikut ini beberapa teknologi dan fitur penting keamanan data dan privasi pada perangkat smartphone OPPO yang berbasis ColorOS 12 dan ColorOS 13 :

  • Privasi History Clipboard & Pikselasi Otomatis

Sistem ColorOS secara otomatis menghapus riwayat clipboard setelah beberapa saat, mencegah kebocoran informasi sensitif yang disebabkan oleh malware. Tak hanya itu, mengunakan algoritma kecerdasan buatan, Pikselasi Otomatis dapat dengan cerdas mengenali dan mengaburkan foto profil dan nama pada tangkapan layar obrolan secara mudah dengan satu ketukan.

  • Nearby Wi-Fi 

Fitur Nearby Wi-Fi membuat pengguna dapat menikmati Wi-Fi tanpa mengungkapkan informasi lokasi tertentu. Informasi dan lokasi pengguna tidak dapat di lihat oleh pengguna lain saat perangkat terhubung dengan koneksi Wi-Fi di tempat umum.

  • Payment Protection

Payment Protection akan menjaga keamanan pengguna ketika sedang melakukan transaksi dan pembayaran secara online di berbagai situs dan saat pengguna mengakses aplikasi yang melibatkan keuangan. Dilengkapi dengan Secure Keyboard, fitur ini dapat mencegah perekaman input angka atau teks yang dilakukan oleh keylogger maupun malware dan mencegah pengiriman data yang diinput ke jaringan internet. Fitur Payment Protection akan otomatis aktif ketika pengguna membuka aplikasi keuangan, ditandai ikon huruf S pada status bar sebagai tanda aplikasi telah dilindungi.

  • Brankas Pribadi 

Brankas Pribadi telah dienkripsi dengan Standar Enkripsi Lanjutan (AES) yang digunakan untuk memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Pengguna dapat menyembunyikan dokumen atau informasi sensitif pada halaman Private Safe yang hanya dapat diakses dengan perlindungan melalui Password, Pattern, PIN, atau sidik jari yang telah dibuat pengguna. Ini akan membantu pengguna apabila hendak menyembunyikan foto, video, maupun dokumen yang bersifat pribadi agar tidak dapat diakses orang lain karena tidak dapat dilihat secara langsung melalui aplikasi Photos maupun File Manager.

  • Standar Privasi Dan Keamanan Terbaik

Sistem operasi ColorOS memberikan perlindungan privasi dan keselamatan optimal yang dapat dipercaya pengguna berdasarkan standar otentikasi privasi dan keamanan otoritatif seperti ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.

Baca juga : OPPO Rilis ColorOS 13 Terbaru, Ini Fitur Terbarunya!

“Walaupun telah mengembangkan berbagai fitur keamanan data, OPPO tetap menghimbau untuk tetap berhati – hati dalam penggunaan data secara daring baik yang melibatkan berbagai akses ke sistem operasi maupun pembayaran daring. OPPO juga mengingatkan untuk konsumen tidak melakukan modifikasi sistem operasi dengan menembus sistem kemanana seperti melakukan rooting yang mengakibatkan beberapa celah dapat terbuka dan menjadikan perangkat smartphone menjadi lebih rentan,” tambah Aryo.

Berbagai  fitur keamanan privasi tingkat tinggi ini dapat dinikmati pengguna OPPO berbasis ColorOS 12 seperti seri OPPO Reno8. OPPO juga akan meningkatkan beberapa lini perangkatnya untuk semakin terlindungi dengan beberapa peningkatan fitur keamanan pada Android 13 melalui ColorOS 13 Beta. Beberapa perangkat seperti Find X5 Pro sudah dapat menikmati fitur keamanan ini sejak pertengahan Agustus. Sementara, Reno8 Pro 5G akan mendapatkan ColorOS 13 versi Beta pada September, disusul dengan OPPO Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup OPPO Reno8 Z 5G dan OPPO Reno8 pada bulan Desember 2022. OPPO berkomitmen untuk meningkatkan keamanan perangkatnya dengan peningkatan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.