GadgetSquad.id – Produsen chip Apple, TSMC, sedang berjuang dengan pembuatan proses berbasis 3 nm generasi berikutnya, diungkapkan dalam sebuah laporan dari The Information. Laporan tersebut melihat lebih dekat cara kerja dalam hubungan bisnis mereka dan juga menyoroti perjuangan TSMC untuk beralih ke proses 3nm. 

Sepertinya iPhone 14 mungkin terjebak pada chip 5nm karena laporan menunjukkan TSMC mengalami masalah dengan proses silikon 3nm, yang dijanjikan untuk dikirimkan pada paruh kedua 2022. Chip 3nm akan menawarkan performa yang lebih kuat, hemat energi tanpa peningkatan ukuran cetakan yang signifikan. 

Terlepas dari kemunduran ini, iPhone 14 mungkin masih menerima peningkatan prosesornya selama generasi terakhir karena TSMC siap untuk memproduksi proses N4P-nya. Proses ini merupakan peningkatan dari prosesor 5nm (N5P) yang saat ini digunakan di iPhone 13.

Sebagai peningkatan besar ketiga dari keluarga 5nm TSMC, N4P diklaim memberikan peningkatan kinerja 11 persen dibandingkan teknologi N5 asli. Dibandingkan dengan N5P, N4P juga akan memberikan peningkatan efisiensi daya sebesar 22 persen serta peningkatan kepadatan transistor sebesar 6 persen.

Selain itu, N4P menurunkan kompleksitas proses dan meningkatkan waktu siklus wafer, yang merupakan kebutuhan saat ini dalam kekurangan chip global yang sedang berlangsung. Di sisi lain, penundaan ini juga membuka peluang bagi produsen chip pesaing seperti Samsung untuk mengejar ketertinggalan TSMC, bahkan menjadi yang pertama mencapai proses 3nm. 

Meskipun ini mungkin terjadi, Apple dikatakan telah mengamankan pengiriman awal chip N4P untuk mendapatkan keunggulan atas pesaingnya Qualcomm, yang juga bersiap untuk merilis snapdragon 898 mendatang mereka pada proses 4nm TSMC.