GadgetSquad.idOPPO  belum lama ini meluncurkan Hp terbarunya di Indonesia, yaitu OPPO A96. Dan salah fitur keren yang dibawanya yaitu Memori Expansion atau perluasan kapasitas memori, bahkan tidak hanya RAM tapi juga ROM.

review OPPO A96 RAM Expansion ROM Expansion

Kapasitas memori yang terbatas terkadang menjadi momok pengguna Hp. Tidak terasa, tiba-tiba memori internal Hp sudah full. Akibatnya tidak lagi menyimpan file, konten bahkan tidak bisa lagi menginstall aplikasi. Tidak hanya itu, kapasitas RAM yang terbatas juga menjadi persoalan tersendiri. Dengan kapasitas RAM yang kecil, membuat kinerja Hp tidak maksinal, terutama dalam menjalankan aplikasi berat, seperti game online misalnya.

Memori Expansion di OPPO A96

Nah, tidak ingin mengecewakan penggunanya terkait masalah di atas, OPPO menghadirkan dua fitur sekaligus yaitu RAM dan ROM Expansion.

  • RAM Expansion

Teknologi RAM Expansion  yang dikembangkan sendiri oleh OPPO. Fitur atau teknologi ini sebenarnya sudah dihadirkan OPPO di beberapa tipe Hp terdahulunya, sebut saja seperti OPPO A74, OPPO Reno6, OPPO Reno7 dan lainnya. Ini adalah teknologi terbaru pada Hp OPPO tertentu yang memungkinan pengguna bisa mengubah sebagian penyimpanan internal (ROM) untuk menjadi RAM virtual dengan mengaktifkan opsi RAM Expansion.

Dengan fitur RAM Expansion, pengguna dapat menikmati peningkatan performa untuk berbagai aplikasi yang membutuhkan pemanfaataan RAM yang cukup tinggi seperti bermain games atau melakukan penyuntingan foto – video.

Fitur  RAM Expansion juga memberikan efek sistem operasi yang mulus ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Setelah fitur ini aktif, pengguna dapat memeriksa detail perluasan RAM virtual melalui informasi mengenai perangkat atau pada recent task screen.

Jadi, jika Hp OPPO kehabisan ruang RAM saat digunakan, pengguna dapat memilih untuk mengubah sebagian dari ROM (penyimpanan internal) yang tersedia menjadi RAM virtual. Pengguna dapat menyesuaikan tiga tingkat ukuran ekspansi, yang berarti RAM 8GB di OPPO A96 dapat dilengkapi dengan memori tambahan 2GB/3GB/5GB. Dengan diaktifkannya fitur RAM Expansion membuat kinerja OPPO A96 tetap berjalan dengan lancar tanpa mengalami penurunan performa.

Baca juga : Review OPPO A96 : Desain Cantik, Kamera Apik

  • ROM Expansion 

Berbeda lagi dengan fitur ROM Expansion. Fitur ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang sering merasakan kapasitas memori Hp sudah sekarat sehingga tidak bisa menampung file atau aplikasi lagi.

ROM Expansion merupakan fitur yang berfungsi untuk memindahkan file cache yang sebelumnya tersimpan di memori internal ke microSD atau memori eksternal. Jadi bukan memindahkan file data secara keseluruhan ya. Berkat fitur ini membuat kapasitas memori internal tidak dipenuhi dengan file cache yang biasanya bisa memakan memori internal hingga sebesar gigabyte. Syarat dari berfungsinya fitur ROM Expansion yaitu di Hp sudah terpasang kartu MicroSD. ROM Expansion akan mulai memindahkan cache saat mendeteksi adanya kartu microSD.

Fitur ROM Expansion  akan memindahkan file cache yang berasal dari sistem di Hp dan juga dari berbagai aplikasi yang terinstal. Biasanya yang memiliki file cache besar yaitu berasal dari aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lainnya. Seperti diketahui, file cache berguna agar ketika pengguna kembali mengakses aplikasi tertentu, misalnya Instagram, maka sistem di Hp bisa lebih cepat membuka aplikasi tersebut berkat adanya file cache. Ini karena sebelumnya pengguna sudah pernah membuka aplikasi yang sama.

Nah, berkat adanya fitur RAM dan ROM Expansion di OPPO A96, kini kamu tidak akan lagi mengalami yang namanya Hp lemot dan memori yang kepenuhan. Jadi bisa lebih puas dalam mengakses berbagai aplikasi dan konten  di OPPO A96