GadgetSquad.id – Telkomsel menjalin kolaborasi dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) dalam implementasi digitalisasi dan teknologi internet-of-things (IOT) di beberapa destinasi wisata yang berada di bawah pengelolaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, termasuk arena Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta. Komitmen kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang Penerapan Smart & Green Theme Park pada Destinasi Wisata antara kedua pihak di Jakarta (25/4).

Telkomsel x Ancol _3 (1)

Dengan penandatanganan nota kesepahaman digitalisasi destinasi wisata ini, Telkomsel dan Ancol sepakat untuk selanjutnya membuka potensi kerja sama lebih dalam untuk menghadirkan customer journey dan engagement yang lebih baik dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung dan mendorong tingkat kunjungan kawasan Taman Impian Jaya Ancol ke depannya.

Telkomsel dan Ancol_ juga berharap dapat merealisasikan solusi cost-saving for utilities hingga 30 persen, serta asset monitoring yang lebih efektif di kawasan properti wisata Ancol menggunakan ekosistem aset dan solusi digital yang dihadirkan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit menjelaskan, “Melalui unit Telkomsel Enterprise, kami meyakini dapat menghadirkan berbagai solusi digital yang membukakan lebih banyak potensi kemajuan dalam mengakselerasi transformasi digital pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola oleh Ancol. “

Direktur Transformation & Business Development PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Wing Antariksa menambahkan, “Setelah menerapkan digitalisasi dalam ticketing online dan meluncurkan Ancol Apps, kini Ancol_ tengah menyiapkan transformasi digital ke tahap selanjutnya yaitu Smart & Green Theme Park pertama di Indonesia. Dalam rangka mewujudkan inovasi tersebut, Ancol menjalin kolaborasi bersama dengan Telkomsel. ”

Baca juga : Telkomsel Gandeng SnackVideo Sediakan Lebih Banyak Konten di MAXstream

Sebagai tahap awal, Telkomsel dan Ancol_ akan menjajaki sejumlah skenario implementasi use case solusi bisnis dan layanan berbasis teknologi IOT. Pertama, Telkomsel akan mengembangkan aspek Customer Experience pada destinasi wisata Ancol_ dengan implementasi Smart UtilitySmart LightingElectric Vehicle, Autonomous Bus, hingga Integrated Smart Dashboard. Kemudian sebagai use case pada aspek Digital Engagement dan Single Customer View di destinasi wisata Ancol, Telkomsel akan mengembangkan Customer Engagement Platform.

Selain itu, Telkomsel pun berencana menerapkan use case RFID dan Computer Vision untuk digitalisasi Visitor Tracking dan Crowd Management. Untuk meningkatkan produktivitas pengembangan sistem digital di Ancol_, Telkomsel juga akan mengimplementasikan Officeless Operation System dengan kapabilitas Low Code Platform.

Dapatkan berbagai informasi lebih lengkap mengenai ragam layanan Telkomsel Enterprise melalui www.telkomsel.com/enterprise.