GadgetSquad.ID – XL Axiata terus berusaha membuktikan komitmennya, untuk meningkatkan pemberdayaan keahlian digital karyawan perempuan. Code; Without Barriers (CWB) menjadi salah langkah kongkret tersebut.

Kali ini dalam mewujudkan misi di atas, XL Axiata menjalin kolaborasi dengan Microsoft Indonesia. Adanya kolaborasi itu, karyawan akan didorong untuk menunjukkan kemampuan teknis mereka dengan menciptakan kesadaran, menantang asumsi, serta mengambil manfaat dari dunia coding, teknologi, dan data science.

“XL Axiata berkomitmen untuk meningkatkan skill karyawan perempuan dalam perusahaan, termasuk penguasaan teknologi digital,” ujar Direktur & Chief Strategic Transformation Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya.

Yessie D Yosetya menambahkan, bahwa program CWB ini merupakan program kolaborasi antara G20 Empower dengan Microsoft, di mana XL Axiata sebagai salah satu advocate dari G20 Empower.

Program ini diharapkan dapat memberikan perubahan dalam organisasi. Pertama, mampu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan hingga peran para perempuan di XL Axiata melalui gamification khususnya terkait Azure Fundamental, Microsoft Product and Services, Data AI, dan Azure Enablement.

Kedua, pengembangan dan peningkatan pengetahuan untuk para mahasiswa yang ikut program magang bersertifikat Kampus Merdeka. Para peserta, dalam hal ini karyawan dan peserta magang perempuan akan mengikuti pelatihan yang telah disiapkan selama satu tahun.

Lebih jauh, kedua pihak berharap, kolaborasi ini dapat mengatasi kesenjangan gender di sektor cloud, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan teknologi digital yang berkembang begitu pesat.

Sebagai info, saat ini total karyawan wanita di XL Axiata telah mencapai 470 orang atau sekitar 30% dari total karyawan yang mencapai sekitar 1.560. Perusahaan menargetkan sekitar 30% karyawan perempuan untuk menjadi partisipan pada program CWB ini.