GadgetSquad.ID – Kurang lebih 1 bulan lagi, ajang Asian Games 2018 bakal resmi di mulai. Nah, untuk memudahkan berpartisipasi menyemarak ajang Asian Games 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meluncurkan aplikasi khusus. Aplikasi tersebut berlabel ‘Duta Suporter Indonesia’

Menurut Niken, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, ide pembuatan aplikasi untuk suporter ini datang dari Menkominfo Rudiantara, yang kemudian dikembangkan lewat kerjasama dengan tim development aplikasi dan program dari Survarna.ID

“Asian Games adalah milik seluruh rakyat Indonesia karena itu cara untuk mengajak masyarakat untuk terlibat adalah dengan menjadi suporter yang pandai dan bijak. Yakni dengan ikut menjadi Duta Suporter Indonesia,” kata Niken dalam keterangan resminya.

Duta Suporter Indonesia hadir dalam bentuk kompetisi digital yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Lewat aplikasi ini masyarakat dapat melakukan registrasi dengan mencalonkan diirinya sebagai calon duta suporter dari provinsinya masing-masing.

Program tersebut akan berlangsung selama 30 hari ke depan hingga ditutup 7 Agustus. Selama itu pula para calon duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan daerahnya. Masing-masing tugas ini akan dapat di-vote.

Nah, di akhir program Kominfo akan memilih 68 duta suporter dengan vote terbanyak dari 34 provinsi. Mereka yang menang akan mendapatkan undangan untuk menghadiri acara pembukaan Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada 18 Agustus mendatang.

“Kami juga memberikan akomodasi dan transportasi dari dan ke, serta penginapan selama di Jakarta,” kata Niken.

Sementara peserta yang tidak menang tapi masuk peringkat 10 besar akan mendapat suvenir Asian Games. Sedangkan lima tertinggi masing-masing daerah akan mendapat ponsel pintar dari Kominfo.