Laptop Layar Lipat ASUS Zenbook 17 Fold Diumumkan Bersama Zenbook 14 OLED

GadgetSquad.id – Banyak produsen komputer telah mengumumkan perangkat baru mereka dan di antaranya adalah ASUS yang telah mengumumkan jajaran ZenBook 14 2022 terbarunya di pameran teknologi CES 2022. Perusahaan telah mengumumkan dua model baru, ASUS ZenBook 17 Fold dan ASUS ZenBook 14 OLED.

Tidak seperti merek lain yang merilis ponel lipat, ASUS bergabung dalam daftar tersebut dengan meluncurkan ZenBook 17 Fold yang hadir dengan layar OLED yang dapat dilipat. Saat dibuka, perangkat menawarkan layar OLED 17,3 inci dengan resolusi layar QHD 2.560 x 1.920 piksel, rasio aspek 4:3, gamut warna DCI-P3 100 persen, waktu respons 0,2 ms, dan refresh rate 90 Hz, serta dukungan Dolby Vision.

Setelah melipat sebagian perangkat memposisikan keyboard di bagian bawah, dan lainnya dapat digunakan secara efektif sebagai laptop 12,5 inci dengan resolusi layar Full HD. Perusahaan belum mengungkapkan chip yang membekalinya, hanya mengatakan bahwa itu ditenagai oleh CPU Intel terbaru dengan grafis terintegrasi.

Sedangkan untuk memori, ia mengemas hingga RAM LPDDR5 16 GB dan penyimpanan NVMe M.2 SSD 1TB. Untuk konektivitas, perangkat mendukung Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2 tetapi untuk port, hanya ada port USB-C Thunderbolt 4 dan jack audio kombo 3,5mm, demikian dilaporkan Gizmochina.

Perangkat ini juga memiliki sistem quad-speaker Dolby Atmos dan semuanya ditenagai oleh baterai berkapasitas 75Wh. ASUS belum mengungkapkan detail harga untuk ZenBook 17 Fold, tapi perangkat tersebut kemungkinan akan dijual pada Mei tahun ini. 

Sedang ASUS ZenBook 14 OLED memiliki 14 inch yang menawarkan resolusi layar 2.880 x 1.800 piksel, kecerahan rasio aspek 16:10, 550-nit, DCI-P3 gamut warna, refresh rate 90Hz, dan 0.2ms waktu merespon. Ini ditawarkan dalam versi terpisah yang didukung oleh prosesor terbaru dari Intel dan AMD.

Perangkat yang ditenagai oleh chip Intel Core H-series generasi ke-12 mengemas RAM DDR5 sedangkan model dengan AMD Ryzen dilengkapi dengan RAM DDR4x. Mereka datang dengan penyimpanan PCIe hingga 1TB dan ada juga slot M.2 tambahan yang tersedia untuk lebih memperluas kapasitas penyimpanan.

Terdapat beberapa port, antara lain dua koneksi USB-C, satu port USB-A, HDMI 2.0, jack headphone, dan slot kartu microSD. Untuk konektivitas, ia hadir dengan dukungan WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

Dalam model yang ditenagai oleh CPU Intel, dua port USB-C akan menawarkan konektivitas Thunderbolt 4. Perangkat ini mengemas baterai 75Whr. Sampai sekarang, perusahaan belum mengumumkan rincian harga untuk ZenBook 14 OLED, tapi berjanji untuk membagikan lebih banyak informasi ketika perangkat mulai dijual sekitar paruh kedua tahun ini.