Lebih Dekat dengan Platfrom Oppo ColorOS 13, Apa Saja Fitur Kecenya?

Hp OPPO Reno8 5G OPPO Reno 8
OPPO Reno8 5G

GadgetSquad.ID – Oppo menjadi salah satu vendor yang terbilang rajin, memberi update terhadap platfrom bawaannya, dalam hal ini ColorOS. Terbaru, pada Agustus lalu Oppo resmi meluncurkan ColorOS 13.

Oppo ColorOS 13 merupakan sistem operasi yang mudah digunakan dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih akomodatif, personal, dan intuitif.

Tetap berbasis Android, platfrom Oppo ColorOS 13 memberikan penyegaran yang begitu berarti, dimana menghadirkan Aquamorphic Design yang human centric.

Adapun Aquamorphic Design dalam ColorOS 13 bertujuan untuk menghadirkan tren gaya estetika yang sedang populer dengan tampilan organik dan minimalis.

Gak hanya dari segi tampilan, ColorOS 13 juga menghadirkan ragam fitur menarik untuk aneka solusi dari berbagai kebutuhan.

Apa saja hal menarik yang diberikan Oppo ColorOS 13? Simak infonya berikut.

1. Tema Warna
Warna dasar ColorOS 13 terinspirasi oleh transisi garis langit, dari warna biru safir saat matahari terbit hingga warna kejinggaan saat matahari terbenam.

Setiap aspek dalam ColorOS 13, dari Ikon, windows, cards, hingga input boxes menampilkan kontur warna yang lebih halus dan organik untuk mencerminkan aliran air dan melambangkan semangat hidup tiada akhir.

2. ColorOS 13’s Color Theme
Dalam ColorOS 12 sebelumnya, font OPPO Sans telah meraih Red Dot Design Award. Kini, font tersebut juga hadir dalam ColorOS 13 dengan tampilan baru. Ukuran font lebih lebar sehingga terlihat lebih stabil.

3. Card-Styled Layout
Kini, Oppo menghadirkan Card-Styled Layout yang merupakan solusi baru untuk menghindari informasi yang berlebihan. Layout tersebut mengklasifikasikan dan mengintegrasikan informasi yang tersebar dalam tampilan interface yang disederhanakan, memperbesar informasi yang paling penting, dan mengatur posisi berbagai informasi agar lebih mudah dibaca.

4. Aquamorphic Effect
Konsep Aquamorphic Effect dari Aquamorphic Design dalam ColorOS 13, menjadikan setiap interaksi terasa alami dan mengalir, sekaligus memberikan sensasi menenangkan.bMisalnya, fitur Fingerprint Unlock dan Optimize menampilkan efek animasi yang menyerupai riak air.

5. Quantum Animation Engine
ColorOS 13 menghadirkan Quantum Animation Engine dengan detil dan gerakan animasi yang lebih ditingkatkan pada ikon dan objek dalam layar. Hal ini menjadikan animasi terasa lebih hidup dan terhubung dengan dunia alami sehingga mengurangi rasa keterpisahan antara dunia digital dan kenyataan.

6. Behavioral Predictions
Fasilitas behavioral predictions diterapkan untuk memproses gerakan multi-gesture dan memberikan respons visual yang cerdas, akurat, dan cepat.

Selain itu terdapat beberapa fungsi baru pada ColorOS13, terdiri dari :

1. Multi-Screen Connect dalam ColorOS 13 telah ditingkatkan untuk memudahkan penguna saat melakukan multitasking. Selain itu, Adaptive Layouts dalam ColorOS 13 menampilkan tata letak yang sama dan konsisten pada perangkat dengan ukuran layar berbeda, seperti ponsel dan tablet, sehingga semakin memudahkan pengguna.

2. Di ColorOS 13 terdapat fasilitas Two-Finger Split Screen, sebuah fitur dari ColorOS 12 yang sempat mendapatkan Red Dot Award. Fitir tersebut, menjadikan pengguna lebih fleksibel dan efisien saat melakukan multitasking pada perangkat dengan layar yang lebih besar.

3. ColorOS 13 dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan. Pengguna dapat memilih dari berbagai elemen desain dan warna tema dalam sistem sesuai dengan preferensi pribadi dan menaruh berbagai jenis Widget pada Homescreen sesuai dengan aktivitas sehari-hari.

4. Always-On Display (AOD) dalam ColorOS 13 dirancang untuk memprioritaskan penyajian informasi penting, sekaligus mengurangi informasi lainnya yang tidak penting. Saat AOD aktif, pengguna dapat mengakses berbagai informasi dengan lebih nyaman, cepat, serta dapat menghemat konsumsi daya.

Selain itu, Melalui Smart AOD, saat menggunakan app untuk memesan makanan secara online, pengguna dapat melihat status pengiriman makanan tanpa harus membuka layar homescreen. OPPO juga telah menjalin kemitraan dengan Spotify untuk mengintegrasikan fungsi app Spotify dalam AOD

Sebagai tambahan, dalam pengembangan ColorOS selama beberapa tahun terakhir, Aquamorphic Design dalam ColorOS 13 telah memepertahankan banyak fitur yang menjadi bagian khas dari seri sistem operasi sebelumnya.