GadgetSquad.ID – Seperti ungkapan “Setiap Perjumpaan Selalu Ada Akhirnya”, situasi inilah yang saat ini harus dialami BlackBerry Messengger (BBM). Tahun ini BBM yang sempat menjadi aplikasi pesan populer di era 2000-an, akan berhenti beroperasi.

Lewat blog resminya, BBM mengumumkan akan “tutup warung” per tanggal 31 Mei 2019. Dari keterangan tersebut, diketahui jika persaingan yang begitu sengit,  membuat BBM menyerah.

Begini keterangan lengkap mereka:

Hari ini, kami mengumumkan akan menutup layanan konsumen BBM pada 31 Mei 2019.

Tiga tahun lampau, kami mulai menyegarkan layanan konsumen BBM, salah satu aplikasi messaging instan paling dicintai, sebagai layanan antar platform di mana user tidak hanya bisa chat atau membagi pengalaman hidup, tapi juga bisa konsumsi konten dan memakai layanan pembayaran.

Kami mencurahkan hati kami untuk membuatnya jadi kenyataan dan kami bangga akan apa yang kami bangun sampai saat ini.

Tak dapat dipungkiri, industri teknologi begitu dinamis. Walau kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat. Walaupun berat, kini telah tiba waktunya untuk kami pun beranjak.

Walau kami sedih mengucapkan selamat tinggal, waktunya sudah tiba untuk menghentikan layanan konsumen BBM dan bagi kami untuk move on.

Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami. Kami harap Anda akan terus mengenang berbagai memori indah bersama BBM yang telah turut membentuk masa depan platform pesan instan hingga hari ini. 

Untuk diketahui, BBM adalah aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry.

Mulai tanggal 23 Oktober 2013, layanan BBM secara resmi bisa digunakan lintas platform dengan dirilisnya BBM untuk iOS dan Android.

Dalam perjalananya begitu banyak fitur baru dihadirkan. Namun semua itu tidak membuat layanan ini makin populer, malah sebaliknya.

So, selamat tinggal BBM, terima kasih atas semua kenangan yang sudah diberikan, bagi pengguna smarphone yang pernah menggunakannya.