MediaTek Akan Jadi yang Pertama Rilis Chip 4nm, Sudah Mulai Dipesan

0
47

Prosesor mediatek

GadgetSquad.id – Menurut dua sumber terpisah, MediaTek akan menjadi pembuat chip pertama yang merilis chipset fabrikasi 4nm. Produksi seharusnya dimulai pada akhir tahun ini (kuartal 4 atau Q4 2021) atau pada awal 2022. 

Namun, beberapa produsen peralatan asli telah menerima pesanan untuk SoC kelas atas dari MediaTek itu. Kita sebut saja mereka adalah Oppo, Xiaomi, Samsung, dan vivo, sebagaimana dilaporkan GSM Arena.

Namun, MediaTek telah mengamankan pesanan chip 4nm dari TSMC dengan biaya besar—sekitar $ 80 per unit, dibandingkan dengan chipset 5nm kelas atas saat ini yang harganya antara $ 30-$ 35. 

Seorang keterangan rahasia Cina yang terkenal mengklaim bahwa perangkat keras MediaTek akan dapat menantang seri Snapdragon 800 yang sekarang. Dan juga mengurangi konsumsi daya secara signifikan.

Namun, itu semua hanya rumor untuk saat ini, dan tentu saja harus menunggu hampir setahun untuk melihat apakah MediaTek mengalahkan semua penantangnya hingga garis finis.

Beberapa bulan lalu MediaTek mengabarkan bakal menghadirkan banyak chipset mid-range dan entry-level berkemampuan 5G. Yang sudah dirilis adalah chipset hape 5G unggulan terbarunya, yakni Dimensity 1200.

Dimensity 1200 sendiri dikembangkan MediaTek, sebagai chipset flagship yang mampu mengakses jaringan 5G, AI, fotografi, video dan game, dengan peningkatan yang komprehensif.

Dimensity 1200 dikembangkan dengan proses fabrikasi 6nm yang lebih bertenaga di sektor performa dan punya konsumsi daya yang lebih rendah, serta menciptakan pengalaman 5G yang mulus untuk berbagai skenario.