Prosesor MediaTek Helio P90
Prosesor MediaTek Helio P90

Mediatek Helio P90 telah resmi dirilis untuk saingi Snapdragon 855. Chipset prosesor terbaru dari Mediatek ini dibekali fitur APU 2.0 yang mengusung generasi baru teknologi AI (Artificial Intelligent). Lalu apa keunggulannya dibandingkan prosesor lain?

Kelebihan MediaTek Helio P90

Prosesor Mediatek Helio P90 sendiri dibangun di dalam chip APU 2.0. Chip ini merupakan arsitektur AI yang didesain oleh MediaTek. Arsitektur yang digunakan ini diklaim mampu mewujudkan pengalaman AI empat kali lipat lebih kuat dibandingkan chipset Helio P70 dan Helio P60.

APU yang dimiliki Helio P90 dapat mengenali jenis konten yang sedang ditampilkan di layar seperti film, olahraga, atau permainan dan mengoptimalkan kinerja tampilan yang sesuai.

APU juga menghadirkan stabilisasi yang didorong oleh AI secara real-time dalam panggilan video.

Tes benchmark yang dilakukan oleh perusahaan mengungkapkan bahwa kinerja AI dari Helio P90 lebih baik daripada Snapdragon 845 Qualcomm dan sedikit lebih rendah daripada platform mobile 7nm Snapdragon 855.

Kemampuan AI makin canggih

Dengan kemampuan ini maka prosesor Helio P90 dapat membantu pengguna mengoperasikan fitur AI dengan lebih mudah, lebih cepat, hasil yang lebih akurat. Selain itu juga dapat menghemat konsumsi baterai sehingga baterai dapat bertahan lebih lama.

“Dengan Prosesor Mediatek Helio P90, produsen perangkat teknologi dapat menghadirkan perangkat dengan fitur kamera terdepan, baterai yang tahan lama, kinerja dan kemampuan AI yang sangat maju dan dinamis, sekaligus membuat perangkat mereka mudah diakses bagi konsumen luas di pasar,” ungkap TL Lee, General Manager MediaTek Wireless Communication.

Baca juga: Xiaomi Mi Play Meluncur Bawa Mediatek Helio P35, Harganya?

Teknologi CorePilot

Helio P90 dirancang dengan prosesor octa-core dengan prosesor Arm A75 ganda yang beroperasi hingga kecepatan 2.2GHz dan enam prosesor A55 yang beroperasi dengan kecepatan hingga 2.0GHz. Chip ini dibekali Imagination Technologies GPU PowerVR GM 9446.

Selain ituk dengan adanya teknologi CorePilot terbaru dari MediaTek juga memastikan bahwa pemrosesan dilakukan dengan cara yang paling efisien di dalam prosesor.

Dengan kemampuan ini maka Mediatek Helio P90 mampu mengoptimalkan kinerja tinggi yang berkesinambungan pada penggunanya. Namun begitu chipset ini secara bersamaan juga memiliki konsumsi baterai yang hemat.

Sehingga mewujudkan kombinasi sempurna antara keinginan untuk performa perangkat yang kuat, bertenaga, dan prima, tetapi sekaligus hemat dalam konsumsi energinya.

Dengan mesin AI-nya yang kuat Mediatek Helio P90 mampu mendukung pengalaman AI yang lebih cepat, lebih kompleks dan lebih dinamis. Contohnya saat mendeteksi deteksi pose foto agar pergerakan tubuhnya dapat diikuti dan dianalisa.

Baca juga: Ini Fitur Canggih di Prosesor MediaTek Helio P90 Terbaru

Dukungan Helio P90

Helio P90 sudah mendukung Google Lens, deteksi wajah akurasi tinggi, fitur beautification secara real-time, identifikasi objek dan pemandangan, akselerasi Artificial Reality (AR) dan Mixed Reality (MR), dan fitur lain untuk penyempurnaan foto dan video secara real-time.

Developer dan produsen perangkat teknologi dapat membuat aplikasi AI inovatif dengan Helio P90. Mereka dapat menggunakan kerangka umum seperti TensorFlow, TF Lite, Caffe dan Caffe2, berbasis pada NeuroPilot SDK MediaTek yang kompatibel dengan Google Android Neural Networks API (Android NNAPI).

Kamera Makin Canggih

Mediatek Helio P90 membantu untuk menangkap gambar terbaik dengan dukungan kamera supersize 48MP atau kamera lensa ganda 24+16 MP. Sehingga konsumen dapat menikmati fitur fotografi terdepan dengan resolusi gambar tertinggi di dalam ponsel pintar mereka.

Dengan begitu pengguna dapat menangkap gambar dengan resolusi 48 MP sebanyak 30 gambar per detik (frames per second – FPS) tanpa penundaan. Atau menikmati fitur super slow-motion dengan kecepatan 480 FPS dalam format HD, agar semua momen berharga tidak ada yang terlewatkan.

MediaTek menghadirkan revolusi resolusi gambar dengan triple Image Signal Processors (ISPs) dengan kapasitas pemrosesan sebesar 14-bit RAW dan 10-bit YUV. Sehingga para pecinta fotografi memiliki fleksibilitas untuk mengabadikan dan memproses foto-foto berkualitas.

Mesin ISP AI baru dirancang khusus untuk mewujudkan pengalaman kamera AI. Dengan begitu dapat dapat mendeteksi wajah dan pemandangan dengan akurat, secara real-time.  Bahkan pada kondisi penerangan yang terbatas dan saat objek bergerak. Sehingga mengambil foto menjadi lebih mudah bagi siapapun.

Baca juga: Pakai Prosesor MediaTek Helio P70, Realme Siap Jadi Most Wanted Smartphone

Koneksi lebih kencang

Mediatek Helio P90 mendukung SIM ganda dual VoLTE 4G LTE WorldMode dengan modem fast Cat-12 (DL) / Cat-13 (UL) 4G LTE 4×4 MIMO dan 256QAM. SIM ini memberikan kekuatan tata kelola data yang lebih baik, termasuk di dalam area dengan tingkat kepadatan yang tinggi. Helio P90 juga mendukung 2×2 802.11ac dan Bluetooth 5.0

Helio P90 direncanakan akan tersedia di dalam perangkat teknologi konsumen secara global sejak Q1 2019. Belum jelas apa produk pertama yang akan menggunakan chipset prosesor ini.