GadgetSquad.id – Pertumbuhan MediaTek telah meningkat selama beberapa tahun terakhir karena telah mampu menangkap sebagian besar pasar dengan chip yang kuat. Sekarang ada tambahan satu lagi ke daftar karena MediaTek telah mengenalkan keluarga konektivitas Filogic dengan solusi system-on-chip (SoC) Filogic 830 Wi-Fi 6/6E dan kartu antarmuka jaringan (NIC) Filogic 630 Wi-Fi 6E.

Chip yang sangat terintegrasi dan hemat daya ini menawarkan kemampuan komputasi yang tinggi, konektivitas yang andal, dan banyak fitur sekaligus. Chipset baru menyediakan fitur terbaik di kelasnya dengan desain yang sangat terintegrasi untuk solusi broadband premium, perusahaan, dan Wi-Fi ritel generasi berikutnya.

Menurut Alan Hsu, Corporate Vice President & General Manager, Intelligent Connectivity di perusahaan itu, seri MediaTek Filogic mengantarkan era baru solusi Wi-Fi pintar dengan kecepatan ekstrem, latensi rendah, dan efisiensi daya luar biasa untuk pengalaman yang mulus dan selalu terhubung.

MediaTek Filogic 830 didasarkan pada arsitektur 12nm dan mengemas banyak fitur ke dalam chipset berdaya ultra-rendah yang ringkas, memungkinkan pengguna merancang solusi berbeda untuk router, titik akses, dan sistem mesh. Chipset ini memiliki empat prosesor Arm Cortex-A53 dengan clock hingga 2GHz per inti untuk daya pemrosesan hingga +18.000 DMIP.

Teknologi lainnya ada Wi-Fi 4×4 ganda 6/6E untuk konektivitas hingga 6Gbps, dua antarmuka Ethernet 2,5 Gigabit, dan host dari antarmuka periferal. Mesin akselerasi perangkat keras bawaan Filogic 830 untuk pembongkaran dan jaringan Wi-Fi memungkinkan konektivitas lebih cepat dan lebih andal. Juga ketentuan aplikasi latensi rendah termasuk game dan AR/VR dengan hadirnya MediaTek FastPath. 

Sementara MediaTek Filogic 630 adalah solusi NIC Wi-Fi 6/6E dengan dual-band, dual-concurrent 2×2 2.4GHz dan 3×3 5GHz atau 6GHz untuk dukungan hingga 3Gbps. Chipset ini mengemas sistem 3T3R 5/6GHz yang unik dengan modul front-end internal (FEM).

Ada keunggulan tambahan dalam perolehan keragaman dan kemampuan transmisi beamforming dengan bantuan antena ketiga Filogic 630. Filogic 630 juga dapat digabungkan dengan Filogic 830 sebagai solusi konektivitas tri-band untuk gateway broadband, titik akses perusahaan, dan faktanya, untuk kecepatan dan bandwidth yang lebih tinggi, Filogic 630 juga dapat digabungkan dengan router ritel. 

Menjadi pemasok portofolio Wi-Fi terbesar, MediaTek menikmati posisi nomor satu domain Wi-Fi. Ini memiliki pengiriman di broadband, router ritel, perangkat elektronik konsumen, dan game. Dan ini adalah hasil dari perkembangan dan peningkatan yang konsisten selama beberapa tahun terakhir dengan para pakar dan teknologi terkemuka di industri. 

Latensi yang lebih rendah serta kapasitas dan kecepatan tambahan adalah USP Wi-Fi 6E. Perangkat yang mengambil konektivitas dari koneksi Wi-Fi 6 dalam 6GHz dirancang untuk memanfaatkan saluran lebar 160 MHz dan bandwidth tanpa kemacetan di 6GHz untuk menghadirkan Wi-Fi multi-gigabit dengan latensi rendah.