GadgetSquad.id – Setelah sukses roadshow GoStartupIndonesia (GSI) di Yogyakarta, Surabaya, Batam, Medan, Bali, dan Bandung, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan roadshow GSI di Jakarta. GSI merupakan platform perjodohan yang dibuat Bekraf untuk pengusaha rintisan (startup) dan investor. Roadshow yang digelar Senin (29/10) ini, Bekraf memberikan talkshow bertema akses permodalan untuk startup dan mentoring dengan materiscalling up your startup.

Startup

Selain talkshow dan mentoring, Bekraf juga menyelenggarakan kompetisi pitching, paparan startup untuk mendapatkan investasi. Pitching yang baik adalah salah satu modal startup untuk menarik minat investor berinvestasi pada bisnis mereka. Sehingga, kemampuan pitching sangat penting bagi startup.

“Kami sudah mendapat enam pemenang dari roadshow kota-kota sebelumnya. Hari ini kami akan menyeleksi dan memilih satu pemenang Jakarta. Para pemenang akan bertanding lagi di final,” ungkap Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah.

Bekraf bertujuan meningkatkan dan mengembangkan ekosistem startup di Indonesia. GSI adalah salah satu platform untuk mensinergikan stakeholder startupuntuk mempercepat  terciptanya ekosistem startup yang kondusif.

Baca juga : Ini Dia Aplikasi Pemenang Telkomsel NextDev 2018

Bekraf bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia untuk mendorong startup melantai ke bursa untuk scale up sekaligus melakukan Initial Public Offering (IPO) yaitu menawarkan saham sebagai alternatif investasi startup.

Startup yang mengikuti kompetisi pitching telah dikurasi melalui pitch deck yang mereka kirim. Beberapa hal yang dinilai saat proses kurasi antara lain potensi pasar, tim yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dan traction.

Pemenang roadshow Jakarta akan memperebutkan gelar juara dengan enam startup pemenang dari kota lainnya. Juara umum kompetisi pitching akan mendapatkan mentorship boothcamp internasional dan IDX Mutual Fund, bergabung pada IDX Incubator, dan terkoneksi dengan investor global