Mengenal TikTok Now, Cara Baru Sharing Konten

GadgetSquad.id – Ada banyak cara untuk membuat konten di Tik Tok, mulai dari membuat efek, video, berduet, hingga melakukan livestream di TikTok LIVE. TikTok menambah fitur baru yang disebut TikTok Now.

tiktok now

TikTok Now merupakan cara terbaru yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan video dengan orang-orang yang paling berarti. Fitur baru ini mengundang pengguna, kreator, dan komunitas untuk mengabadikan apa yang sedang dilakukan melalui kamera depan dan kamera belakang dari perangkat yang digunakan. Pengguna akan menerima permintaan harian untuk merekam video berdurasi 10 detik, ataupun foto, dan membagikannya dengan mudah.

Tik Tok Now sedang dalam tahap uji coba selama beberapa minggu mendatang. Di Indonesia, fitur TikTok terbaru ini dapat diakses dengan mengunduh aplikasi baru TikTok Now. Di wilayah lainnya, TikTok Now mungkin terintegrasi dalam aplikasi (in-app) TikTok, dapat diunduh secara terpisah melalui aplikasi baru TikTok Now, atau tersedia dalam kedua format.

Fitur Baru di TikTok Now

Tik Tok Now dirancang dengan mempertimbangkan keamanan dan privasi komunitas Tik Tok. Kreator konten memegang kendali untuk memutuskan siapa yang dapat melihat atau terlibat dengan konten mereka. Mereka dapat memblokir orang lain dan memilih komentar mana yang muncul di konten mereka. Jika seseorang menemukan perilaku yang mereka yakini melanggar Panduan Komunitas TikTok, mereka dapat melaporkannya untuk ditinjau.

Selain itu Tik Tok juga menjaga keselamatan penggunanya, remaja khususnya, melalui beberapa peraturan, antara lain :

  • Jika seseorang di bawah usia 16 tahun membuat akun untuk menggunakan aplikasi Tik Tok Now, sama seperti Tik Tok, akun mereka akan diatur menjadi akun private secara default
  • Pengguna yang berusia di bawah 18 tahun tidak akan dapat membagikan konten mereka di laman Explore
  • Pengguna berusia antara 13 dan 15 tahun akan memiliki opsi komentar “Hanya untuk Teman” untuk membantu melindungi pengguna dari interaksi yang tidak diinginkan

Pengguna yang berusia 18 tahun ke atas memiliki pengaturan berbagi tambahan. Selain berbagi dengan sesama teman, mereka dapat memilih untuk membagikan postingan mereka yang lebih luas berdasarkan pengaturan privasi yang telah mereka pilih.

Baca juga : Awas! Tren di TikTok Ini Ternyata Penipuan Online

Pengaturan default adalah ‘Teman dapat melihat’. Untuk mengubah pengaturan privasi Anda di Tik Tok Now:

  • Pada layar Post, ketuk opsi Teman dapat melihat.
  • Pilih siapa yang ingin kamu berikan izin untuk melihat unggahan TikTok Now milikmu
  • Teman dapat melihat: Siapa pun yang mengikutimu dan yang kamu ikuti kembali akan dapat melihat TikTok Now milikmu. Semua Orang: Siapa pun yang berada di wilayahmu dapat melihat unggahan Tik Tok Now milikmu. Perlu diingat, orang yang tidak mengikutimu dan orang tidak kamu ikuti tidak dapat memberikan komentar atau berinteraksi dengan unggahan Tik Tok Now milikmu.