Menjajal Fitur Portrait OPPO A95, Begini Hasil Jepretannya

Hp Oppo A95 untuk PTM

GadgetSquad.id – OPPO A95 memiliki fitur Portrait di dalam kamera yang dipasang tiga sensor di belakang lensa utama 48 MP dengan bukaan yaitu f/1.7, ditemani 2 lensa 2 MP f/2.4 untuk keperluan depth dan yang satunya makro. Lensa utama ponsel ini diharapkan mampu mengenali bakground dan latar depan dengan lebih baik, yang bakal bekerja untuk menghasilkan foto Portrait maksimal.

Fitur portrait pada kamera ponsel muncul berdasarkan teknik fotografi potret—teknik mengabadikan figur manusia sebagai obyek utama, dengan fokus pada lekuk wajah dan bagian tubuh atas. Namun, semakin ke sini, untuk meningkatkan fokus pada wajah dan bagian atas obyek foto ini, maka terkadang ada upaya untuk mengurangi fokus latar belakang dengan menggunakan lensa yang sesuai. Atau biasa disebut background yang blur, sehingga objek foto akan semakin menonjol.

Pada ponsel, karena mengalami kekurangan di sisi ukuran sensor, karena ruang yang sempit, maka fitur itu sebagian besar dicapai dengan  bantuan kecerdasan buatan (AI), caranya dengan mengumpulkan informasi dari lensa-lensa kamera yang ada di ponsel.

OPPO A95 memiliki teknologi itu untuk menghasilkan gambar portrait yang dikumpulkan dari 3 kamera yang ada, kemudian sistem akan memisahkan mana objek utama dan mana background. Sehingga saat gambar diambil dari jarak optimal, maka pengguna dapat mengatur blur pada background.

Baca juga : Review Oppo A95-Paket Lengkap!! Bodi Keren, Performa Gesit, Kamera Apik, Tahan Lama

Agar lebih optimal menjepret dengan fitur portrait di OPPO A95, pengguna cukup membuka kamera, lalu menggeser view finder ke tab Portrait. Di halaman itu, pengguna akan menemukan ikon-ikon fungsi yang dihadirkan khusus untuk portrait.

Di sisi atas viewfinder, ada empat ikon, dari kiri yang pertama ada ikon AI bokeh. Ketika diosentuh, akan muncul slider di bagian bawah viewfinder, sehingga kadar bokeh background foto bisa diatur. Kedua, ikon filter yang menghadirkan 6 pilihan filter yang bisa disesaikan dengan kebutuhan, mulai dari filter film, B&W, Tokyo,Sweet, Time dan Paris.

Ikon ketiga fungsi timer, yang berfungsi untuk mendelay pemotretan hingga 10 detik, cocok ketika untuk melakukan swafoto dengan kamera utama, atau foto grup menggunakan tripod. Dan ikon keempat setting, yang isinya untuk pengaturan kamera secara umum.

Kemudian ikon-ikon di bagian bawah viewfinder, sebenarnya sama saja dengan fungsi pemotretan lain. Selain tombol shutter, jendela ke galeri dan pilihan untuk mengganti antara kamera belakang dengan kamera depan.

Berikut hasil jepretan fitur Portrait dengan menggunakan ponsel OPPO A95: