GadgetSquad.id – Istilah Metaverse menjadi topik cukup panas saat ini. Semakin banyak merek berusaha untuk menaklukkan Metaverse menggunakan berbagai format integrasi. Misalnya, Gucci menciptakan dunianya sendiri di metaverse Sandbox. Merek mewah ini telah mengumumkan bahwa mereka akan membeli tanah virtual di The Sandbox untuk mulai membangun dunianya di platform.

Pada saat yang sama, restoran NFT pertama, the Flyfish Club, dibuka di New York. Pelanggan harus membeli kartu keanggotaan NFT untuk masuk ke dalamnya. Jumlah tempat di klub terbatas: pemilik telah mengeluarkan 2,7 ribu token, menyediakan entri untuk anggota reguler dan 385 token untuk tamu tingkat atas. Keanggotaan permanen akan dikenakan biaya sebesar 2,5 Ethereum, atau sedikit di atas $8,000, di mana para tamu dapat mengakses bar koktail, restoran, dan acara pribadi.

SoftBank Group Corp. menginvestasikan sebesar $150 juta dalam platform metaverse Korea Selatan yang telah mengumpulkan banyak pengguna wanita muda dengan menjual item high-fashion untuk avatar 3-D, menurut perusahaan yang terlibat dalam kesepakatan.

Dan Neary, Wakil Presiden Meta di Asia Pasifik mencatat dalam konferensi pers virtual baru-baru ini bahwa itu lebih terasa di wilayah Asia Pasifik daripada di tempat lain Ketika berbicara mengenai kecepatan di mana banyak industri, telah beradaptasi dengan hal-hal seperti seluler atau perpesanan.

Bagaimana Dengan ‘Metarisks’ Atau Risiko Meta dan Tips Perlindungannya?

Semua kompleksitas terkait teknologi baru ini membuat banyak orang bertanya-tanya apakah ada implikasi keamanan siber dan privasi. Namun, kita dapat memandang dengan perspektif yang sama. Pengguna kemungkinan masih memiliki isu terkait pengambilalihan akun, yang dapat menyebabkan pencurian identitas dan penipuan. Masih dengan cara yang sama seperti penjahat siber memperoleh akses ke korespondensi pribadi atau perusahaan Anda jika mereka meretas akun email Anda melalui phishing, malware, atau isian kredensial, ditambah mereka juga bisa mendapatkan akses ke data pribadi yang disimpan di platform Metaverse pilihan Anda. Dari perspektif perusahaan, ini masih berarti bahwa manusia adalah mata rantai terlemah dalam hal keamanan siber.

Beberapa hal mungkin berubah menjadi berbeda, dan membuka mari kita coba bayangkan ke mana arahnya dalam beberapa tahun jika konsepnya tetap ada. Salah satu janji Metaverse adalah interoperabilitas. Misalnya, rumah yang Anda beli di Decentraland dan sepasang sepatu kets virtual mewah dari OpenSea akan dapat diakses di semua platform, termasuk yang Anda gunakan untuk pergi bekerja di kantor virtual Anda. Ini menciptakan satu titik celah dan memberi tekanan yang lebih terhadap kebutuhan lebih besar dalam melindungi akun Anda.

Masalah lain adalah bahwa interoperabilitas ini dapat didasarkan pada blockchain, seperti Ethereum. Ini menempatkan lebih banyak tanggung jawab pada pengguna akhir untuk menjaga identitas dan properti digital mereka tetap aman karena blockchain saat ini, menurut definisi, tidak memiliki otoritas pusat. Ini berarti jika avatar NFT mewah Anda dicuri, platform tidak dapat membantu Anda, seperti yang ditunjukkan oleh kasus pencurian kera NFT yang terkenal. Ditambah, menautkan identitas (dan akses ke data pribadi) ke dompet blockchain, yang sekaligus tempat penyimpanan uang dan properti digital Anda, berarti penjahat dunia maya akan lebih bersemangat untuk mengaksesnya.

“Pada akhirnya, pertanyaan tentang kepercayaan pada platform itu sangat penting. Banyak perusahaan sudah menggunakan cloud sebagai infrastruktur utama mereka dan telah mendistribusikan tenaga kerja mereka sesuai dengan itu, sehingga memindahkan kantor ke dunia VR tidak akan menjadi hal yang mengejutkan (walaupun teknologi masih memerlukan peningkatan pesat untuk mewujudkan gagasan berada di VR selama 8 jam sehari tidak membosankan). Mereka yang operasinya melibatkan penanganan data pribadi atau informasi rahasia mungkin ingin terus mengandalkan solusi lokal dan enggan mengekspos identitas karyawan mereka di blockchain.” Komentar Sandra Lee Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky.

Jika Metaverse benar-benar menjadi paradigma baru, sejumlah tindakan dasar yang dapat memitigasi ancaman akan tetap sama seperti selalu melindungi akun Anda dengan menggunakan pengelola kata sandi dan 2FA, gunakan solusi keamanan siber yang andal untuk mencegah serangan malware dan phishing, mengedukasi diri Anda dan karyawan Anda tentang praktik keamanan siber terbaik dan terbaru.

Baca Juga: 5 Fitur Keamanan di Hp Samsung Kamu Untuk Atasi Serangan Siber

Jika Anda sudah menggunakan mata uang kripto, investasikan dalam dompet perangkat keras dan menjaga keamanan kripto Anda dengan cara sebagai berikut:

  1. Waspada terhadap email dan pesan yang meminta pembayaran atau ancaman untuk memblokir akun, atau, sebaliknya, seperti menawarkan skema untuk mendapatkan uang secara cepat.
  2. Perhatikan alamat pengirim. Jika nama perusahaan salah dieja, atau domainnya hanya sekumpulan karakter acak, itu hampir pasti scam.
  3. Perlakukan data dan kredensial yang digunakan untuk mengakses akun dan uang Anda dengan sangat hati-hati. Pelajari cara kerja sistem keamanan cryptowallet, informasi apa yang mungkin diperlukan layanan dukungan dari Anda, dan apa yang tidak boleh Anda bagikan dengan siapa pun.
  4. Gunakan solusi andal seperti Kaspersky Internet Security dengan perlindungan terhadap penipuan online dan phishing untuk membantu menjaga uang Anda aman dari segala jenis penipuan.

“Tentu saja, Metaverse masih jauh dari kenyataan yang solid, tetapi ketika itu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, tidak semua merek dapat tumbuh di pasar yang kompetitif ini. Seperti orang yang mengendalikannya, avatar akan memiliki waktu, kesempatan, dan energi yang terbatas untuk berinteraksi dengan perusahaan. Merek yang berharap untuk berkembang di Metaverse esok hari perlu menjelajahi seluruh batasan dan kemungkinannya hari ini dan mempertaruhkan taruhan mereka sebelum tidak ada lagi dunia virtual yang tersisa untuk ditaklukkan.” pungkas Lee.