GadgetSquad.id – Pengembangan user interface (UI) MIUI 13 saat ini sedang berjalan lancar dan sejumlah model kelas atas baru-baru ini telah menerima build internal di saluran beta stabil. Sementara merek lain seperti Samsung, Oppo, dan OnePlus telah meluncurkan skin perangkat lunak mereka untuk Android 12, tapi Xiaomi agak terlambat.

Xiaomiui telah melaporkan bahwa iterasi berikutnya dari skin Android Xiaomi yang sangat disesuaikan—MIUI 13—mungkin diumumkan pada 16 Desember di Cina, atau hanya dalam 20 hari dari sekarang. Ini dilaporkan akan menjadi acara yang cukup besar yang berkaitan dengan ponsel terbaruanya Xiaomi 12, demikian dikutip Gizmochina.

Namun, tentu saja, acara berdurasi 4 jam masih terlalu lama untuk hanya dua produk, dan karena itu mungkin akan melihat beberapa peluncuran lainnya. Datang ke MIUI 13 itu sendiri, skin Android telah disebut-sebut sebagai peningkatan besar atas MIUI 12.5, membawa berbagai peningkatan dan perubahan UI.

Setidaknya 9 perangkat saat ini diketahui telah menerima build uji internal, yaitu keseluruhan seri Xiaomi Mi 11, Mi 11 Lite 5G, Mi 10S, MIX 4, dan Redmi K40/ K40 Pro/ K40 Pro+. Perangkat ini kemungkinan akan menerima MIUI 13 berbasis Android 12 stabil, tapi beberapa lainnya bahkan menerima MIUI 13 berbasis Android 11. 

Adapun fitur, hampir tidak ada yang diketahui saat ini—Xiaomi agak bungkam tentang itu semua. Namun, ada beberapa petunjuk di masa lalu termasuk aplikasi File Manager dan Tema yang dirancang ulang. MIUI 13 juga diharapkan membawa wallpaper dan ikon baru.