GadgetSquad.id – Beberapa tahun yang lalu, dengan peluncuran iPhone X pada 2017, Apple menambahkan notch di bagian atas layar dan terus berlanjut sejauh ini, dengan model iPhone 13 yang baru saja diluncurkan juga menampilkannya. Namun, perusahaan sekarang diharapkan untuk mengubahnya dengan ponsel yang akan datang. 

Jika laporan baru yang datang dari The Elec dapat dipercaya, yang didasarkan pada pemasok layar, maka model seri iPhone 14 yang akan datang dengan layar OLED dapat memiliki lubang sebagai pengganti notch. Laporan mengklaim bahwa Samsung telah mulai menerima mesin dari Philoptics dan Wonik IPS untuk pemotongan lubang laser di panel OLED.

Dikatakan bahwa Apple telah memutuskan untuk menghilangkan notch pada model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max karena perusahaan yakin dengan kemampuan dan keahlian Samsung. Jika laporan itu benar, iPhone 14 Pro Max yang menampilkan layar 6,7 inci dengan punch-hole bisa menjadi smartphone besutan Apple dengan rasio layar-ke-tubuh terbaik yang pernah dirancang perusahaan. 

Model iPhone 14 Pro yang akan datang akan menggunakan metode HIAA (Hole-in-Active-Area) Samsung yang dikatakan sebagai teknologi hole-punching OLED tercanggih sejauh ini. HIAA menggunakan pengeboran laser antara deposisi OLED dan enkapsulasi film tipis (TFE) yang lebih menantang untuk dilakukan dengan layar OLED fleksibel Samsung yang menggunakan plastik daripada substrat kaca. 

Sejauh ini, Apple bergantung pada Samsung Display untuk panel OLED LTPO, tapi LG juga dilaporkan mengerjakan hal yang sama. Namun, LG belum melakukan uji coba yang akan menentukan apakah produksinya memenuhi kualitas dan biaya yang dibutuhkan, demikian dilaporkan Gizmochina.