GadgetSquad.ID – Dengan segala tantangannya, Telkomsel mengklaim sukses memberikan layanan terbaik kepada pelanggan setianya, selama Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) 2022.

Selama momen Rafi 2022, Telkomsel menginfokan terjadi lonjakan trafik layanan data hingga 45,1 PetaByte. WhatsApp menjadi salah satu layanan utama yang selalu diakses pelanggan Telkomsel, sepanjang momen Rafi 2022.

Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel, menuturkan adopsi digital masyarakat semakin tinggi seiring terjadinya pandemi yang terlihat makin banyak pelanggan Telkomsel terhadap layanan data tumbuh 21% dibanding momen sama di tahun lalu dan 9% dari hari normal.

Lebih lanjut Saki menuturkan, selama Rafi 2022, layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik 21%, mobile gaming melonjak 17%, streaming video sekira 16%, dan akses media sosial yang meningkat 3%, dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk akses layanan e-Commerce di momen yang sama turun 38%, aktivitas browsing yang juga berkurang 7%.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35%), TikTok (meningkat 16%), Instagram (naik 15%), YouTube (melonjak 13%) dan Facebook (naik 1%).

Selain itu seiring kebijakan pemerintah yang tidak melarang mudik, Telkomsel menemukan adanya pergerakan pelanggan signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah yang menjadi tujuan mudik di wilayah Pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sejumlah wilayah yang mengalami kenaikan aktivitas digital pelanggan dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat) naik 43%, Kabupaten Garut (Jawa Barat) tumbuh 34%, Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) sebesar 50%, Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik 28%, dan Kabupaten Ciamis (Jawa Barat) tumbuh 42%.

“Kami merasa sangat bersyukur dapat kembali mengoptimalkan seluruh aset ekosistem perusahaan yang dimiliki untuk memberikan pengalaman aktivitas digital terbaik bagi seluruh pelanggan dengan baik selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini,” pungkas Saki.