GadgetSquad.ID – Pasca merger menjadi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), operator yang identik dengan warna kuning ini, terus melakukan manuver untuk memanjakan pelanggannya, termasuk memperluas koneksi 5G.

Seperti diketahui, IOH menjadi salah satu operator di Tanah Air yang sudah menggelar layanan 5G di Tanah Air. Perlahan koneksi 5G IOH terus diperluas.

Terbaru bekerjasama dengan Ericsson, koneski 5G IOH kini telah menjangkau Bogor, Bekasi, Tangerang.

Sebelumnya koneksi 5G IOH sudah ada di Solo, Surabaya, Balikpapan, Makassar dan Jakarta. Total kini sudah 8 kota yang disambangi layanan 5G IOH.

“Kami yakin jaringan 5G akan menciptakan ekosistem digital yang mendukung kebutuhan komunitas ekonomi digital. Melalui kemitraan strategis ini, kami menyampaikan komitmen kami kepada pemerintah untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia,” ujar President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha dalam siaran persnya.

Dalam menyelimuti wilayah Jabotabek itu, Ericsson mendukung jaringan Indosat Ooreodo Hutchison dengan menggunakan Radio 6626 yang merupakan bagian dari protofolio Massive MIMO dan RAN Compute yang dinilai sangat ringan.

Radio 6626 merupakan radio dual-band tiga sektor unik yang akan membantu jaringan 5G operator ini untuk meningkatkan kapasitas frekuensi 5G Frequency Division Duplex (FDD).

Radio ini menyediakan jangkauan multi-standard dan multi-band sekaligus menurunkan biaya dan mengurangi jejak – konsumsi energi hingga 50 persen lebih rendah.

“Ericsson senang dapat lebih memperkuat kemitraan dengan Indosat Ooredoo Hutchison dengan menyediakan layanan 5G di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. 5G akan memainkan peran penting dalam mempercepat digitalisasi ekonomi dan mendorong inovasi generasi mendatang bagi konsumen dan perusahaan di Indonesia,” tutur Head Ericsson Indonesia, Jerry Soper.

Ericsson saat ini memiliki 170 perjanjian dan kontrak 5G komersial dengan penyedia layanan komunikasi unik secara global, termasuk 114 jaringan 5G komersial yang sudah live.