Ngulik Fitur Portrait di OPPO Reno Series yang Bikin Foto Makin Keren !

GadgetSquad.id – OPPO Indonesia mengumumkan akan menjadikan mode Portrait sebagai fitur andalan di tahun 2022. Untuk meningkatkan kemampuan, merek asal Negeri Tirai Bambu itu mengembangkannya baik dari segi hardware maupun software-nya. Dan hasilnya, mode portrait yang canggih akan hadir dalam waktu dekat dan dipasang pada ponsel terbaru OPPO.

Mode portrait biasanya tidak lepas dari OPPO Reno Series, smartphone unggulan merek dengan fitur kamera yang kaya. Sejak pertama kali dirilis pada 2019, fitur portrait pada OPPO Reno Series sudah mengalami peningkatan signifikan.

Lalu, bagaimana peningkatan fitur tersebut? GadgetsSquad telah merangkum bagaimana sejarah dari mode portrait yang terpasang pada OPPO Reno Series dari mulai Reno 3 sampai dengan ponsel baru yang direncanakan rilis dalam waktu dekat. Berikut informasi detailnya:

OPPO Reno 3 Series

OPPO Reno pertama kali dirilis pada April 2019 yang mampu menghasilkan foto portrait menawan dengan menjadikan subyek utama terlihat lebih menonjol. Selain itu latar belakang blur-nya dengan efek bokeh terlihat cukup natural.

Dan gaya khas portrai itu kemudian ditingkatkan hingga pada Reno 3. Hasil gambarnya lebih terlihat lebih halus dalam memisahkan subjek utama dengan latar belakang. Mode portrait di Reno 3 Series juga menyajikan detail yang lebih tinggi dengan warna yang kaya.

OPPO Reno 4 Series

Review OPPO Reno4 kamera Hp

Pada Reno4 Series, OPPO mulai memperkaya mode portrait dengan berbagai fitur. Ada dua fitur portrait unggulan yang disematkan yakni AI Color Portrait dan Night Flare Portrait, yang memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa menciptakan gambar unik di berbagai kondisi.

AI Color Portrait adalah fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang mampu memisahkan antara warna subjek/ objek utama dengan latar belakang. Fitur ini mampu mengisolasi warna sebenarnya pada subjek/objek, dan membuat latar belakang menjadi hitam putih klasik yang terlihat menarik.

Sedangkan, Night Flare Portrait adalah fitur yang bisa menghasilkan efek neon pada bagian background dengan objek foto manusia. Fitur ini bekerja dengan menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada pencahayaan rendah untuk mencerahkan foto di lingkungan minim cahaya, sekaligus menambahkan efek latar belakang bokeh.

OPPO Reno 5 Series

Oppo Reno 5 terbaru

OPPO meningkatkan kembali kemampuan portrait-nya pada Reno 5 Series dengan mengarah ke videografi. Dengan AI Highlight Video, OPPO memanfaatkan AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan otomatis menerapkan algoritma yang diperlukan berdasarkan skenario kondisi cahaya yang berbeda.

Ketika merekam dalam kondisi minim cahaya, kamera akan menggunakan algoritma Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video. Dan memastikan bahwa perekaman malam hari terlihat tetap cerah, tajam, dan alami, begitu pula sebaliknya.

Fitur unik lainnya di Reno5 Series adalah AI Mix Portrait, fitur dengan kemampuan untuk menggabungkan video portrait dengan video latar belakang. Dengan fitur tersebut, ponsel ini bisa menyajikan efek video dengan exposure ganda sehingga terlihat lebih artistik.

Fitur ini menghadirkan dua mode artistik berbeda, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bagaimana video portrait dapat menyatu dengan video yang menjadi latar belakang.

OPPO Reno6 Series

Untuk generasi selanjutnya, Reno6 Series, fitur portrait lebih canggih lagi. Berkat Bokeh Flare Video, fitur eksklusif yang dikembangkan, ponsel OPPO ini mampu menggabungkan efek bokeh dan algoritma Low Light HDR untuk menghasilkan tampilan artistik dengan menambahkan efek neon indah saat latar belakang dihiasi banyak lampu.

Menurut OPPO, algoritma AI yang dikembangkan dapat menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang, dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkat kedalaman. Singkatnya, fitur ini mampu meniru apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

OPPO Reno Series terbaru

Pengembangan mode portrait pada OPPO Reno Series tidak berhenti sampai di Reno 6. Merek terus meningkatkan fitur tersebut dengan beberapa elemen penting, yaitu prosesor pengolah grafis, sensor kamera, dan pengembangan AI lewat perangkat lunak.

OPPO kali ini berkolaborasi dengan Sony dalam meracik sensor Sony IMX 709. Pengembangan dengan nilai investasi yang fantastis, mencapai 1,5 juta dolar USD selama tiga tahun. Bahkan melibatkan lebih dari 300 insinyur dan menghasilkan 87 paten.

OPPO mengklaim, Sony IMX 709 memiliki keunggulan 60 persen peningkatan sensitivitas cahaya, dan pengurangan noise signifikan sebesar 35 persen jika daripada sensor OPPO Reno6. Sensor baru ini kabarnya akan hadir bersama seri OPPO Reno terbaru yang kemungkinan bakal dirilis di Indonesia pada kuartal pertama atau kedua 2022.