Nokia 9 PureView Dikabarkan Tidak akan Dapat Pembaruan Android 11

Nokia 9 Pureview

GadgetSquad.id – Nokia 9 PureView adalah smartphone andalan yang dirilis pada Februari 2019. Sejak itu ponsel menerima pembaruan OS reguler dengan Android 10 yang saat ini ditawarkan. Namun dalam pernyataan resmi yang ditemukan di situs web perusahaan Polandia, Nokia telah mengumumkan bahwa mereka telah membatalkan rencana untuk merilis pembaruan Android 11 untuk Nokia 9 PureView.

Menurut pernyataan ini, perusahaan mengambil keputusan ini karena ketidakcocokan antara kamera dan perangkat lunak. Namun, Nokia berjanji untuk tetap memberikan pembaruan keamanan ke smartphone Nokia 9 PureView, demikian dilaporkan Gadgets NDTV.

Nokia PureView 9 memiliki layar touchscreen 5,99 inci dan ditenagai Qualcomm Snapdragon 845. Kelebihan utama dari smartphone ini adalah pengaturan lima kameranya (masing-masing 12 MP) dengan optik ZEISS di bagian belakang. Pengaturan ini dikemas dengan fitur-fitur seperti fotografi monokrom, kedalaman, perekaman HDR 4K, dan kemampuan untuk mengambil gambar dalam format RAW DNG. Selain itu, smartphone ini dilengkapi dengan kamera depan 20 MP. 

Menurut Nokia, beralih ke Android 11 akan mengakibatkan pengurangan pengalaman pengguna dalam hal kamera. Karena kekhawatiran merusak daya tarik inti smartphone ini, Nokia rupanya memutuskan untuk tidak memberikan pembaruan Android 11 untuk Nokia 9 PureView. 

Nokia mengklaim bahwa ini akan memungkinkan mereka untuk mempertahankan pengalaman pengguna tingkat tinggi yang mereka tawarkan di smartphone. Nokia mulai merilis pembaruan Android 10 untuk Nokia 9 PureView pada Desember 2020, yang diluncurkan secara bertahap ke berbagai wilayah.

Pembaruan itu membawa fitur termasuk mode gelap baru, peningkatan opsi navigasi gerakan, kontrol privasi yang ditingkatkan, dan banyak lagi. Namun, karena ponsel tidak akan menerima Android 11, pemegang lisensi merek Nokia HMD Global menawarkan kepada pengguna Nokia 9 PureView diskon 50 persen untuk Nokia XR20 atau perangkat X-Series lainnya. Meskipun, untuk saat ini, penawaran ini tampaknya merupakan penawaran regional.