GadgetSquad.id – Oppo Indonesia telah menghadirkan smartphone terbaru seri A yakni Oppo A53 dengan memori RAM/ memori internal 4 GB/ 128 GB, pada kuartal ketiga (Q3) 2021. Salah satu model, Oppo A53, ternyata sudah memiliki sertifikasi IPX4.

Sebagai informasi, secara makna, IP adalah kependekan dari Ingress Protection yang merupakan standar penilaian yang menentukan ketahanan, atau proteksi pada suatu perangkat, terhadap berbagai substansi dari luar. Standari ini biasanya disingkat IP Code atau IP Rating dan diikuti dengan dua digit angka dan huruf.

Sertifikasi IPX4 membuat perangkat tersebut anti cipratan air. Sehingga, ponsel ini cocok digunakan meskipun dalam kondisi musim hujan, termasuk bisa membuat konten foto dan video. Proteksi yang dinilai dalam sistem ini mencakup proteksi terhadap objek padat dan air.

Standar ini ditetapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC)—organisasi yang menetapkan standar internasional untuk berbagai teknologi elektrik dan elektronik. Penulisannya berupa huruf IP.

Segi spesifikasi, Oppo A53 dibekali chip Qualcomm Snapdragon 460, dengan layar berukuran 6,5 berpadu dengan kamera bertipe punch hole dan refresh rate tinggi 90hz. Perangkat ini sebenarnya sudah dikenalkan tahun lalu, dengan kapasitas memori yang lebih kecil, tapi karena mendaoatkan respon positif, Oppo mengahdirkan varian memori yang lebih besar.

Oppo A53 mulai dijual pada 25 Oktober 2021 dan sudah tersedia di Oppo Store di seluruh Indonesia. Juga melalui aplikasi Oppo Store ataupun Oppo Official Store pada jaringan penjualan e-dagang terkemuka di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli dan Akulaku. OPPO A53 4 GB/ 128 GB dijual dengan harga Rp 2,699 juta.