Oppo ColorOS 12 versi Global dengan UI yang Didesain Ulang Dirilis

0
26

GadgetSquad.id – Oppo pada Senin, 11 Oktober 2021 meluncurkan versi global ROM kustom berbasis Android 12, ColorOS 12, setelah pertama kali merilis versi khusus Cina pada September. Dengan pengumuman tersebut, perusahaan telah mengungkapkan sistem operasi (OS) baru yang akan dirilis di India pada bulan November, dan merinci rencana peluncuran lainnya.

ColorOS 12 juga menambahkan dukungan untuk 13 bahasa utama India bersama dengan 54 bahasa lainnya. Oppo menyebutkan bahwa OS berbasis Android 12-nya telah memasukkan fitur berbasis Android seperti Material You, demikian dilaporkan Gadgets NDTV.

Oppo Find X3 Pro akan menjadi smartphone pertama yang menerima pembaruan beta publik ColorOS 12. OS baru ini juga memiliki banyak fitur privasi, keamanan, dan produktivitas, bersama dengan antarmuka pengguna (UI) yang didesain ulang. 

ColorOS 12 versi global berbasis Android 12 akan diluncurkan untuk Oppo dan OnePlus. Ini pertama kali akan diluncurkan sebagai pembaruan beta publik untuk pengguna Oppo Find X3 Pro di Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Oppo juga telah memberikan jadwal peluncuran untuk versi global OS baru dan menyebutkan bahwa pembaruan beta publik akan mencapai India bulan depan—dimulai dengan Oppo Reno 6. Oppo Reno 6 Pro, dan Oppo Reno 6 Pro Diwali Edition. Perangkat dan pasar lainnya akan menerima pembaruan pada paruh kedua tahun 2022, dan berencana meluncurkan ColorOS baru ke lebih dari 110 perangkat dan 150 juta pengguna. 

ColorOS 12 versi global Oppo dibangun di atas konsep Desain Tak Terbatas Oppo dan mengemas ikon dan animasi yang lebih lembut. Ini juga menggabungkan sistem tema berbasis wallpaper Android 12 dengan Material You. Oppo juga menyertakan App Cloner dengan ColorOS versi terbaru.

Selain itu, merek asal Cina itu juga telah menyebutkan bahwa itu telah membuat ColorOS 12 lebih ramah pengembang dengan menambahkan SDK kamera gratis yang mencakup perekaman video ultra-stabil, HDR, sudut super lebar, dan banyak lagi. Selain itu, menjadi lebih ramah pengembang dengan HyperBoost dan peningkatan penglihatan warna. 

Fitur privasi dan keamanan juga telah ditingkatkan dengan ColorOS 12. Ini mendapat Dasbor Privasi, perkiraan berbagi lokasi, dan indikator mikrofon dan kamera. Selain itu, ColorOS 12 mempertahankan Sistem Pribadi Oppo, Brankas Pribadi, Kunci Aplikasi, dan fitur privasi lainnya. Oppo lebih lanjut menyebutkan bahwa fitur privasinya bersertifikat ePrivacy dan ISO27001.

Selanjutnya, ColorOS 12 versi global mendapatkan fitur terjemahan tiga jari untuk Google Lens dan Phone Manager untuk meningkatkan produktivitas. Oppo juga menyebutkan bahwa OS baru memiliki rata-rata 30 persen dan 20 persen lebih rendah konsumsi memori dan baterai. OS baru Oppo sekarang memiliki tingkat penuaan sistem 2,75 persen yang rendah.