IoT selalu menjadi pasar menarik di Indonesia. Berbagai perangkat baru hadir untuk memberikan dukungan terhadap ekosistem IoT yang nyatanya saling bergantung satu sama lain. Ekosistem IoT sendiri menjadi salah satu bagian terpenting dalam pengembangan OPPO di Indonesia. Untuk itu, OPPO menghadirkan perangkat baru Enco Buds2 yang ditujukan untuk mengubah paradigma konsumen bahwa perangkat IoT tidak sekedar menjadi aksesoris pelengkap kehadiran smartphone atau subtitusi ketika banyak perangkat smartphone tidak menyediakan earphone kabel lagi

OPPO ingin membawakan pengalaman langsung perangkat cerdas terbaru kepada penggunanya untuk merasakan berbagai fitur pintar dan semua kemudahan saat menggunakan OPPO Enco Buds2 di aktivitas sehari-hari mereka. Perangkat cerdas TWS ini tentunya tidak hanya memberikan keluaran suara saja seperti layaknya earphone kabel, berbagai fitur cerdas seperti konektivitas instan, membuka aplikasi kamera dan mengabadikan selfie terbaik hanya dengan gestur ketuk 2 kali, hingga Fitur AI Deep Noise Cancellation untuk Panggilan yang memudahkan pengguna untuk tetap dapat didengar dengan mudah dan jelas saat di lingkungan yang bising tersaji pada perangkat ini.

Untuk OPPO, faktor terpenting dari sebuah TWS selain diposisikan sebagai perangkat IoT andalan, adalah kenyamanan ketika perangkat digunakan. Oleh karena itu, OPPO menciptakan Enco Buds2 dengan berat hanya 4 gram saja pada tiap earphone-nya, lebih ringan 0,3 gram dari selembar kertas A4. OPPO juga melakukan berbagai uji tekanan untuk memastikan kenyamanan penggunaan seharian pada perangkat ini. Memakai perangkat ini dalam waktu lama tidak akan mengganggu kenyamanan penggunaannya, misalkan saat berpergian atau berada pada transportasi umum ketika berangkat bekerja yang biasanya memakan waktu cukup lama.

Selain faktor kenyamanan fisik, berbagai kemudahan fitur juga disajikan OPPO pada perangkat IoT ini, seperti fitur Open-up Flash Connect, yang menyajikan kecepatan koneksi TWS dengan perangkat smartphone. Cukup dengan membuka bagian penutup Enco Buds2, perangkat smartphone akan terhubung dengan mudah melalui jendela pop – up. Selain untuk menghubungkan, jendela pop-up ini juga dapat digunakan melakukan pengaturan pada TWS pintar ini.  

Untuk kualitas suara, Enco Buds2 memiliki pengaturan unik melalui fitur Enco Live. Pengguna dapat memilih kecenderungan keluaran suara dengan bass yang lebih mendalam, atau vokal yang sangat jernih. Berkat desain Enco Buds2 yang ergonomis dan dibuat mengikuti kontur sebagian besar kuping pengguna ditambah pemilihan ukuran eartips yang tepat, Enco Buds2 dapat menghasilkan suara yang cukup kedap untuk pemakaian di situasi yang cukup ramai, seperti ketika diuji menaiki MRT di jam sibuk dan ketika digunakan pada tepi jalan raya, suara yang ditangkap cukup jernih dan jelas, namun dengan ruang yang cukup kedap.

OPPO Enco Buds2 sudah bisa didapatkan di berbagai jaringan penjualan baik secara daring maupun luring. Perangkat ini dijual dengan harga Rp399.000 dan tersedia dalam pilihan warna moonlight untuk saat ini, sedangkan warna midnight akan segera hadir di Indonesia. 

OPPO Band 2

Selain memperkenalkan ekosistem IoT baru melalui OPPO Enco Buds2, OPPO juga akan segera meluncurkan perangkat OPPO Band 2. OPPO Band2 merupakan gelang pintar dengan kemampuan berbagai fitur kesehatan dan olahraga yang telah ditingkatkan. OPPO Band 2 nantinya  akan menggantikan gelang pintar OPPO Band yang telah dipasarkan di Indonesia sejak Maret 2021 yang lalu. Perangkat OPPO Band 2 ini juga telah tercatat pada situs Sertifikasi Postel milik Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan nomor 82447/SDPPI/2022. Sayangnya, OPPO Indonesia belum memberikan detail lebih lanjut mengenai perangkat OPPO Band 2 baik spesifikasi, fitur unggulan yang diusung serta harga dan ketersediaan perangkat ini di Indonesia.