Oppo Ingin Kembangkan Chip Sendiri untuk Smartphone Flagship Baru

GadgetSquad.id – Dengan acara Google Pixel 6 yang telah lama ditunggu-tunggu, akhirnya akita dapat menantikan bagaimana chipset Tensor khusus yang memimpin perangkat baru bekerja di dunia nyata. Tampaknya merek smartphone lain ingin mengikuti jejak Google, salah satunya merek asal Cina, Oppo.

Menurut laporan dari Nikkei Asia, Oppo sudah merencanakan sistem kustomnya sendiri pada sebuah chip yang harus diimplementasikan di ponsel flagships pada awal 2023. Oppo tertarik memanfaatkan proses fabrikasi 3nm TSMC untuk membuat chip kelas atas sendiri dan digunakan di perangkat andalan.

Sampai saat ini, Oppo telah mengandalkan Qualcomm dan MediaTek untuk pasokan chipsetnya meskipun sekarang tampaknya bertujuan untuk melewati dua pembuat chip itu. Termasuk juga memasuki kelompok merek yang merancang chip mereka sendiri seperti yang dilakukan Samsung, Apple dan sekarang Google.

Huawei juga biasa merancang chipsetnya sendiri meskipun komplikasi yang timbul dari sanksi Amerika Serikat telah sangat menghambat ambisi Kirin, chip-nya, demikian dilaporkan GSM Arena.

Oppo juga merupakan bagian dari konglomerat BBK Electronics yang berbagi rantai pasokan dengan vivo, OnePlus dan Realme. Artinya jika chipset in-house Oppo hadir, kita dapat melihatnya di perangkat dari merek yang disebutkan di atas.