GadgetSquad.id – OPPO memulai program ColorOS 12 Beta berbasis Android 12 untuk OPPO Reno6 5G dan OPPO Reno5 5G pada akhir November 2021. Dalam sebulan, kedua smartphone tersebut kini sudah mulai menerima pembaruan stabil. 

Menurut pengumuman resmi di Komunitas OPPO, merek asal Cina itu telah mulai menyemai pembaruan stabil ColorOS 12 untuk Reno6 5G dan Reno5 5G sesuai jadwal. Pembaruan sistem terbaru untuk handset ini saat ini tersedia di beberapa wilayah, seperti untuk Reno6 5G hadir dengan versi firmware C/26 untuk wilayah India, Indonesia, dan Vietnam; sedangkan Reno5 5G dengan versi firmware C.42 hanya di Indonesia.

Untuk menginstal pembaruan perangkat lunak baru, pengguna harus membuka Pengaturan, lalu Pembaruan Perangkat Lunak, pilih Ikon Roda Gigi, ketuk Versi Percobaan dan ikuti petunjuk di layar. Perusahaan merekomendasikan untuk mencadangkan data penting sebelum melanjutkan. Juga, ini memperingatkan tentang masalah kompatibilitas dengan beberapa aplikasi pihak ketiga di Android 12.

Seperti halnya pembaruan sistem apa pun, perangkat mungkin memanas dan konsumsi daya dapat meningkat selama beberapa waktu karena pengoptimalan latar belakang setelah penginstalan pembaruan. OPPO mengatakan bahwa ini akan diperbaiki dengan sendirinya. 

Karena itu, jika pengguna memiliki salah satu dari ponsel ini dan telah menginstal pembaruan, maka bisa bagikan pengalamannya. Sehingga pengguna yang belum mengunduh pembaruan dapat memperoleh gambaran tentang rilis perangkat lunak baru.