GadgetSquad.ID – Xiaomi terus melakukan ekspansi bisnis. Inggris menjadi salah satu pasar teranyar yang, coba “dijajah” pabrikan asal Cina tersebut.

Seperti biasa, demi menarik perhatian konsumen, Xiaomi kembali mengeluarkan jurus andalannya yakni flash sale.

Xiaomi menggelar 4 kali flash sale ponsel Mi 8 yang dijual cuma 1 poundsterling atau Rp 19 ribu. Namun handset tersebut terjual begitu singkat. Beberapa peminat langsung komplain di Facebook Xiaomi.

Sebagaimana dilansir BBC, usut punya usut belakangan diketahui ternyata, unit ponsel yang dijual cuma ada dua atau tiga unit. Informasi itu tidak dipajang di halaman utama.

Laporan yang sama menyebutkan, seorang netizen juga menginformasikan Xiaomi sempat tak menyebut berapa unit ponsel yang didiskon. Xiaomi menanggapi kalau itu adalah kesalahan dan telah diperbaiki.

Manajer penjualan Xiaomi Inggris, Wilkin Lee, menyebutkan unit ponsel benar-benar tersedia dan dijual dengan sistem lotere. Tapi beberapa orang menyatakan tidak ada informasi soal lotere melainkan katanya barang dijual pada yang paling pertama melakukan klik untuk membeli.

Atas tindakan tersebut, lembaga Advertising Standards Authority di Inggris, menilai, jika Xiaomi berpotensi melakukan pelanggaran. Pasalnya lembaga tersebut, mensyaratkan konsumen harus diinformasikan dengan jelas jika sebuah produk tersedia secara terbatas.

“Jika diubah di tengah promosi, bisa jadi akan ada masalah,” kata juru bicara lembaga itu, yang mungkin akan melakukan investigasi.

Xiaomi sendiri berharap konsumen tetap akan mengikuti program flash sale selanjutnya, yang sudah sering mereka adakan di berbagai negara.

“Ini adalah pertama kali kami melakukannya di Inggris dan mendapat permintaan begitu tingginya, jauh sekali dari apa yang kami harapkan,” kata juru bicara Xiaomi