GadgetSquad.ID – Huawei Mate 50 Pro dipercaya bakal menjadi smartphone anyar, yang bakal diperkenalkan pabrikan asal China tersebut.

Seperti biasa, berbagai spekulasi seputar Huawei Mate 50 Pro, mulai banyak beredar di dunia maya. Spekulasi terbaru, yakni terkait dengan dapur pacu Huawei Mate 50 Pro.

Berawal dari unggahan Digital Chat Station, di Weibo, diinfokan jika Huawei tengah menjajal system on a chip (SoC) terbaru yang akan dirilis Qualcomm pada akhir 2021, yaitu Snapdragon 898.

Diduga kuat, chip Snapdragon 898 tersebut tampaknya, bakal dipakai di Mate 50 Pro. Namun, sama seperti Snapdragon 888 di P50, modem yang terintegrasi bukan 5G, melainkan 4G.

Langkah tersebut bisa jadi menjadi taktik Huawei, untuk bisa lolos dari pembatasan yang dilakukan oleh Pemerintah AS. Dimana Huawei tak menggunakan chip dengan modem 5G, agar tetap bisa menggunakan chip dari perusahaan asal AS tersebut.

Snapdragon 898 sendiri adalah chip yang dibuat oleh Samsung lewat proses 4nm, dan karena dibuat menggunakan teknologi milik perusahaan asal AS, Huawei hanya bisa memakai Snapdragon 898 yang sudah disunat fiturnya, yaitu tanpa dukungan 5G.

Huawei sebenarnya punya Kirin 9000 yang dipakai di Mate 40 Pro, dan chip ini mendukung 5G. Namun pemblokiran oleh AS membuat Huawei tak punya pasokan Kirin 9000 yang mencukupi, sehingga tak bisa dipakai di P50 Pro

Di sisi lain, Huawei sejatinya bisa mendesain chipnya sendiri, dan itulah mereka lakukan lewat Kirin. Namun, tanpa ada rekanan bisnis yang bisa memproduksi chip hasil desainnya itu, Huawei tak bisa apa-apa.

Kondisi di atas, sudah diakui oleh Chairman Huawei Guo Ping, beberapa waktu lalu. “Saat ini, hambatan terbesar bagi kami adalah bisnis ponsel. Seperti kita tahu, chip untuk ponsel perlu teknologi canggih karena ukurannya kecil dan punya konsumsi daya rendah. Huawei bisa mendesain chipnya sendiri tapi tak ada siapa pun yang bisa memproduksinya untuk kami,” ujar Guo Ping.