OPPO ColorOS 11

GadgetSquad.id – Saat Android 11 tersedia, OPPO adalah salah satu yang pertama dengan cepat menggabungkan pembaruan baru ini dengan perangkat mereka. Fitur keamanan baru yang terdapat di Android 11 akan segera tersedia untuk banyak perangkat OPPO dalam bentuk ColorOS 11.

Ketika OPPO meluncurkan ColorOS 11 berbasis Android 11, ia semakin memperluas perlindungan privasi bagi penggunanya. Dibangun di atas tren privasi lebih, ColorOS 11 dapat menawarkan fitur-fituf berikut kepada penggunanya: 

Sembunyikan Aplikasi 

Aplikasi yang diunduh bukan satu-satunya yang dapat melihat data pribadi Anda. Pengguna fisik ponsel Anda mungkin menjelajah ke area yang tidak seharusnya.

Dalam situasi seperti ini, ColorOS 11 memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi tertentu. Setelah aplikasi disembunyikan, itu hanya dapat diakses melalui pintasan aplikasi tersembunyi, dan setelah memasukkan kata sandi. 

Perlindungan Informasi Pribadi 

Ada banyak situasi di mana aplikasi memaksa Anda untuk memberikan akses ke izin tertentu agar berfungsi dengan baik. Fitur Perlindungan Informasi Pribadi adalah cara yang sangat cerdas untuk melewati situasi ini.

Anda dapat mengaktifkan perlindungan untuk log panggilan, kontak, pesan, dan acara. Setelah perlindungan diaktifkan, ColorOS 11 akan mengirimkan informasi kosong ke aplikasi, menipu aplikasi agar mengakses data kosong. Ini akan melindungi Anda dari kebocoran data yang dapat mencakup informasi pribadi.

Perlindungan Pembayaran 

Perlindungan pembayaran menjaga keamanan informasi keuangan Anda, dengan menempatkan aplikasi pembayaran Anda di lokasi yang aman. Tambahkan aplikasi ke portal Perlindungan Pembayaran Anda dan biarkan ColorOS melakukan sisanya. 

Private Safe 

Oppo menjadikan Private Safe sebagai opsi untuk menyimpan file pribadi Anda. Saat Anda menambahkan gambar, video, audio, atau jenis file lain ke ruang pribadi Anda, Anda akan menguncinya dengan kata sandi.

Ini membuat file Anda tidak tersedia untuk aplikasi yang membaca media Anda. Pintasan ke ruang pribadi Anda dapat ditambahkan ke layar beranda, membuat proses penambahan dan pengaksesan file menjadi mudah dan cepat. 

Private Safe memberi Anda bagian terenkripsi di sistem file tempat Anda dapat menyimpan foto, dokumen, video, atau jenis file pribadi lainnya. Saat Anda meletakkan file di bagian Private Safe, itu tidak akan tersedia untuk aplikasi lain. File terenkripsi Anda hanya dapat diakses oleh Anda. Bahkan jika orang lain menggunakan ponsel Anda, mereka tidak akan bisa mendapatkan akses ke file terenkripsi tanpa kata sandi. 

Permission Manager

Perhatikan izin yang diberikan untuk setiap aplikasi Anda. Permission Manager memungkinkan Anda menelusuri setiap izin Anda, dan membatasi atau memberikan akses ke aplikasi yang mencoba membaca data Anda. Misalnya, Anda dapat melihat kamera Anda dan berapa banyak aplikasi yang mengakses.

Kemudian Anda dapat membatasi aplikasi yang tidak akan pernah Anda gunakan dengan kamera Anda. Ini adalah cara yang jauh lebih ramah pengguna untuk mengelola aspek ponsel ini dan meningkatkan privasi Anda secara keseluruhan. 

App Lock

App Lock adalah fitur yang sudah ada sejak lama tetapi masih sama pentingnya seperti sebelumnya. Kemampuan untuk menempatkan aplikasi sensitif di belakang kode sandi dapat mencegah akses yang tidak diinginkan. Ini masuk akal untuk email, aplikasi obrolan, browser web, dan apa pun yang mungkin berisi informasi pribadi. 

DocVault

Gunakan DocVault untuk mengunggah dokumen Anda seperti KTP, akta kelahiran, atau dokumen pajak. Anda dapat mengakses dokumen-dokumen ini dan menggunakannya seolah-olah itu adalah salinan cetak. Anda dapat menggunakannya di bandara dan situasi perjalanan lainnya, untuk membuat hidup Anda sedikit lebih mudah.