TikTok, aplikasi destinasi video pendek, mengumumkan pemenang kompetisi #BerbagiIlmu yang telah diadakan dari tanggal 2 Mei hingga 17 Juni, 2020. Kompetisi ini mengajak masyarakat Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan menginspirasi satu sama lain. Pemenang dari kompetisi ini tidak hanya akan menerima puluhan juta rupiah tetapi juga pelatihan bersama kreator konten profesional.

“Di masa pandemi COVID-19 ini, edukasi menjadi salah satu sektor yang terdampak terutama karena terbatasnya pergerakan masyarakat. Karena itulah teknologi dapat berperan. Melalui video pendek, TikTok ingin menekankan bahwa belajar atau mengembangkan diri tidak dibatasi oleh tempat dan waktu,” kata Angga Anugrah Putra selaku Head of User and Content Operations TikTok Indonesia. “Dan kami berterima kasih atas antusiasme dari masyarakat Indonesia yang sudah berpartisipasi dalam kompetisi #BerbagiIlmu dan terus menyebarkan semangat belajar di mana saja dan kapan saja.”

Kompetisi #BerbagiIlmu telah diikuti lebih dari 13 ribu pengguna dengan total 24,6 ribu video, serta mendapatkan lebih dari 2,7 miliar views. Di kompetisi ini, pengguna ditantang untuk membuat konten berbasis edukasi atau pengetahuan yang informatif dan bermanfaatkan. Video tersebut juga harus menggunakan suara asli atau mencantumkan teks, dan ditambahkan tagar #BerbagiIlmu serta #SamaSamaBelajar. Setelah tahap penilaian yang intens, terpilih 15 kreator Gold Medalist, 25 kreator Silver Medalist, dan 40 kreator Bronze Medalist. Masing-masing mendapat hadiah 15 juta rupiah beserta verifikasi akun, 10 juta rupiah, dan 5 juta rupiah. Tidak hanya itu, TikTok juga memilih 100 kreator sebagai consolidation winner dan memberikan hadiah berupa uang elektronik senilai 500 ribu rupiah.

Konten yang terpilih sebagai pemenang berangkat dari berbagai kategori, mulai dari pengetahuan, fesyen, fitness dan kesehatan, kuliner, motivasi, tutorial, sampai Do It Yourself (DIY). Lihat saja konten bahasa asing dari @Borasaem, kuliner dari @dimsthemeatguy, serta fesyen dari Tysna Saputra yang terpilih menjadi pemenang kompetisi ini. Selain menciptakan konten yang berkualitas, mereka juga memanfaatkan fitur edit video di TikTok yang mempermudah pengguna menjelaskan informasi dalam format video singkat.
  

“Saya tidak menyangka terpilih menjadi salah satu pemenang di kompetisi #BerbagiIlmu ini, karena TikTok kan saat ini sangat populer dan dikenal banyak orang. Ada banyak pengguna lain yang juga membagikan konten pendidikan di TikTok, dengan cara yang ga kalah kreatif. Mudah-mudahan, kedepannya saya bisa terus membuat konten yang bermanfaat dan menginspirasi banyak orang,” ujar Ricky Alvano, kreator bidang tutorial yang menjadi salah satu pemenang #BerbagiIlmu.

#BerbagiIlmu merupakan rangkaian dari program #SamaSamaBelajar yang diselenggarakan TikTok untuk mendukung sektor pendidikan di Indonesia melalui format video singkat, agar pendidikan bisa terus dinikmati oleh semua orang, kapan saja, dan dimana saja. Oleh karena itu, TikTok mengajak semua pengguna untuk membagikan konten edukasi yang bermanfaat dengan hashtag #SamaSamaBelajar.