GadgetSquad.id – Sudah beberapa tahun sejak smartphone yang dapat dilipat menjadi kenyataan. Meskipun perangkat tersebut cukup baru, raksasa teknologi Korea Selatan Samsung bersiap untuk meluncurkan ponsel lipat generasi ketiga pada 11 Agustus di acara Galaxy Unpacked.

Perangkat mendatang dari Samsung diharapkan memiliki desain yang lebih baik dan datang dengan harga yang kompetitif. Dengan peningkatan besar dan harga yang lebih rendah, perusahaan berharap dapat mendorong lebih banyak penjualan ponsel yang dapat dilipat, demikian dilaporkan Gizmochina.

 

Sebuah laporan dari Counterpoint Research memperkirakan bahwa pengiriman smartphone yang dapat dilipat akan tumbuh tiga kali lipat tahun ini dibandingkan tahun lalu. Namun, jumlah pengapalan diperkirakan masih single digit, sekitar 9 juta. 

Namun, dalam beberapa tahun, pada tahun 2023, mungkin ada pertumbuhan 10 kali lipat pengiriman ponsel semacam itu. Laporan itu menambahkan bahwa Samsung akan mendominasi pasar dengan lebih dari 88 persen pangsa pasar untuk perangkat yang dapat dilipat. 

Saat ini, hanya ada segelintir perusahaan dengan smartphone yang dapat dilipat dan dengan demikian, Samsung tetap menjadi pemimpin pasar. Namun, raksasa Korea Selatan itu akan terus mendominasi pasar dengan lebih dari 75 persen pangsa pasar bahkan setelah merek lain meluncurkan ponsel lipat mereka sendiri, klaim laporan tersebut. 

Samsung tampaknya menjadi satu-satunya perusahaan besar yang mendorong smartphone lipat menjadi mainstream. Produsen smartphone lain seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Honor antara lain diharapkan untuk meluncurkan smartphone lipat komersial pertama mereka akhir tahun ini, tapi jadwal peluncuran belum tersedia. Bahkan Apple dilaporkan sedang mengerjakan iPhone yang dapat dilipat yang dapat diluncurkan pada tahun 2023.