GadgetSquad.ID – Info penting bagi pengguna hape Xiaomi tipe jadul. Biasa Xiaomi cukup rajin memberikan update terbaru pada hape lawasnya, sekarang kebiasaan itu berubah.

Dalam pengumuman terbaru di forum MIUI, Xiaomi memutuskan untuk mengakhiri update untuk sejumlah perangkat. Alasannya, mereka ingin lebih fokus pada perangkat yang lebih baru.

Adapun perangkat yang tidak mendapatkan pembaruan MIUI di antaranya sebagai berikut:

Mi 2
Mi 2s
Redmi 2
Redmi 2 Prime
Redmi Note 4G
Mi 4i
MI Note

Semua perangkat jadul di atas, sudah diberikan MIUI 9 Global Beta. Xiaomi menjanjikan perangkat-perangkat tersebut mendapatkan MIUI 9 Global versi final sebelum akhir 2017.

Jadi, nantinya hanya perangkat yang dirilis setelah 2015 yang akan terus mendapatkan pembaruan MIUI. Sementara untuk perangkat keluaran 2012 – 2015, per tanggal 17 November 2018, tidak lagi menerima update. MIUI 9 akan menjadi pembaruan sistem operasi terakhir yang diterima.

Sebagai info tambahan, banyak vendor ponsel memberikan update Android hingga 18 bulan sejak dirilis. Tidak demikian dengan Xiaomi, perangkat yang sudah lima tahun dirilis pun masih mendapatkan pembaruan sistem operasi. Sayang semua tradisi tersebut sekarang sudah berubah.