Pertama di Dunia, MediaTek Luncurkan Platform Wi-Fi 7

MediaTek secara resmi mengumumkan peluncuran solusi platform Wi-Fi 7 Filogic 880 dan Filogic 380 untuk aplikasi dengan bandwidth tinggi di pasar operator, retail, perusahaan, dan konsumen elektronik. Sepasang cipset ini akan menjadi salah satu solusi Wi-Fi 7 pertama yang memasuki pasar. Hal ini memungkinkan produsen perangkat menghadirkan produk mutakhir dengan teknologi konektivitas terbaru.

Filogic 880 adalah platform lengkap yang menggabungkan titik akses Wi-Fi 7 dengan solusi host processor baru yang canggih guna memberikan solusi router dan gateway terbaik di industri untuk pasar operator, ritel, dan perusahaan. Teknologi ini menawarkan arsitektur terukur yang dapat mendukung hingga penta-band 4×4 dengan kecepatan maksimum 36 Gbps.

Sementara itu, Filogic 380 dirancang untuk menghadirkan konektivitas Wi-Fi 7 ke semua perangkat produsen, termasuk smartphonetablet, TV, notebook, dekoder, dan perangkat streaming OTT. Kemampuan teknologi cip 2×2 ganda, secara bersamaan, akan dioptimalkan tanpa batas untuk perangkat ini karena MediaTek juga memasok solusi platform yang sesuai. Hal ini membantu merampingkan proses desain, memaksimalkan kinerja, dan mempercepat time-to-market atau waktu yang dibutuhkan oleh suatu produk sampai di pasaran.

“Solusi konektivitas nirkabel kami dirancang untuk memberikan kinerja tercepat menggunakan teknologi tercanggih, dan mewakili komitmen MediaTek dalam mendorong adopsi Wi-Fi 7 di sejumlah besar pasar baru,” ujar Alan Hsu, Corporate Vice President and General Manager of the Intelligent Connectivity business at MediaTek. “Dengan Filogic 880 dan Filogic 380, pelanggan kami dapat memberikan pengalaman terhubung yang cepat, andal, dan selalu aktif untuk memenuhi permintaan konektivitas industri yang terus berkembang.”

Baca juga: Tips Aman Menggunakan Wi-Fi Publik

Filogic 880 MediaTek menggabungkan titik akses Wi-Fi 7 dengan prosesor aplikasi yang kuat dan unit pemrosesan jaringan (Network Processing Unit; NPU) guna mendukung kinerja Wi-Fi, Ethernet, dan pemrosesan paket secara maksimal. Cip ini menawarkan berbagai antarmuka dan periferal, yang membuatnya mudah menyesuaikan desain untuk berbagai produk akhir dan aplikasi.

Platform Filogic 880 mencakup solusi titik akses Wi-Fi 7 berteknologi 6nm dengan keunggulan:

  • Dukungan teknologi Wi-Fi 7 utama seperti 4096-QAM, 320MHz, MRU, dan MLO
  • Fleksibilitas untuk menjangkau ke kecepatan penta-band 36Gbps
  • Mendukung kecepatan hingga 10Gbps dalam satu saluran
  • Dukungan untuk teknologi OFDMA RU, MU-MIMO dan MBSSID

Selain memiliki teknologi Wi-Fi 7, platform Filogic 880 juga menyediakan prosesor host yang kuat, yang mencakup prosesor aplikasi Arm Cortex-A73 quad-core serta NPU canggih. Fitur utamanya meliputi:

  • Mesin off-load jaringan perangkat keras yang canggih pada antarmuka Wi-Fi dan Ethernet
  • Mesin kripto jaringan bawaan (EIP-197) untuk mempercepat IPSec, SSL/TLS, DTLS (CAPWAP), SRTP, dan MACsec
  • Dukungan teknologi antarmuka berkecepatan tinggi (5Gbps USB dan 10Gbps PCI-Express), UART, SD, SPI, PWM, GPIO, dan OTP untuk peluang kustomisasi platform yang kaya

Baca juga: Mediatek dan Intel Berkolaborasi Hadirkan PC Berteknologi 5G

Filogic 380 adalah solusi kombo dengan teknologi Wi-Fi 7 6nm cip tunggal dan Bluetooth 5.3 yang berdiri sendiri. Teknologi ini dirancang untuk menghadirkan konektivitas terbaik di kelasnya, yang dioptimalkan untuk smartphone, TV, notebook, dekoder, perangkat streaming OTT, dan banyak perangkat elektronik konsumen lainnya yang didukung oleh SoC (System on Chip) dari MediaTek.

Fitur utama dari Filogic 380 meliputi:

  • Dukungan teknologi Wi-Fi 7 utama seperti 4096-QAM, 320MHz, MRU, dan MLO
  • Dukungan MLO (Multi-Link Operation) yang menawarkan kecepatan hingga 6,5Gbps
  • Mendukung hingga 5Gbps dalam satu saluran
  • Dukungan pita frekuensi 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz
  • Dukungan teknologi dual 2×2 radios untuk operasi simultan dual-band
  • Bluetooth 5.3 terbaru dengan LE Audio

MediaTek telah terlibat dalam pengembangan standar Wi-Fi 7 sejak awal, dan perusahaan ini adalah salah satu pengadopsi pertama teknologi Wi-Fi 7. Peluncuran Wi-Fi 7 akan menjadi penanda bahwa, untuk pertama kalinya, Wi-Fi dapat menjadi pengganti kabel/Ethernet untuk aplikasi bandwidth super tinggi. Teknologi Wi-Fi 7 akan menjadi tulang punggung jaringan rumah, kantor, dan industri serta menyediakan konektivitas tanpa batas untuk semuanya, mulai dari aplikasi AR/VR multi-pemain, cloud gaming,  panggilan 4K hingga streaming 8K dan masih banyak lagi.

MediaTek akan mendemonstrasikan solusi platform Filogic Wi-Fi 7 untuk titik akses dan ekosistem klien di Computex 2022, yang akan diadakan dari 24 Mei hingga 27 Mei di Taipei, Taiwan.