GadgetSquad.id – BlackBerry baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa mereka mengakhiri dukungan untuk semua smartphone klasiknya per 4 Januari 2022. Dikatakan bahwa itu tidak akan menawarkan dukungan untuk perangkat yang berjalan di BlackBerry 10 OS atau lebih baru.

Pada Agustus 2020, Onward Mobility, perusahaan pemegang merek BlackBerry, mengungkapkan akan meluncurkan ponsel BlackBerry 5G baru dan inovatif pada 2021, tapi itu tidak menjadi kenyataan. Perusahaan Amerika itu merilis pembaruan baru untuk mengonfirmasi akan meluncurkan ponsel BlackBerry yang siap 5G meskipun kedatangannya telah tertunda. 

Ketika BlackBerry merilis konfirmasi resmi berhenti memberikan dukungan untuk ponsel BlackBerry yang menjalankan OS BB10, orang berasumsi bahwa merek BlackBerry sudah mati. Dalam sebuah unggahan di blog, Onward Mobility mengatakan bahwa 2021 sangat menantang bagi perusahaan sehingga tidak dapat meluncurkan ponsel baru, demikian dilaporkan Gizmochina.

Itu mengalami berbagai penundaan, yang mencegahnya meluncurkan ponsel BlackBerry pertama dengan dukungan 5G pada 2021. Lebih lanjut dikatakan mereka akan merilis pembaruan tepat waktu pada ‘smartphone perusahaan 5G ultra-aman’ mulai bulan ini.

Perangkat akan dilengkapi dengan keyboard untuk pengalaman produktivitas yang lebih baik. Namun, tidak ada informasi yang tersedia tentang bocoran spesifikasi dari perangkat itu. 

Ponsel BlackBerry yang diluncurkan dengan merek TCL antara 2016 dan 2018 hadir dengan OS Android. Bagi yang belum tahu, perjanjian lisensi berakhir pada 2020. Tampaknya ponsel BlackBerry 5G mendatang dapat berjalan di OS Android 12.

Perusahaan diharapkan merilis beberapa informasi menarik tentang ponsel BlackBerry 5G yang ditunggu-tunggu akhir bulan ini. Diperkirakan akan dirilis di beberapa pasar seperti Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Perusahaan itu dikatakan bekerja sama dengan FIH Mobile dari Foxconn untuk mengembangkan ponsel BlackBerry pertama dengan dukungan 5G.