Ponsel iPhone 14 Pro Dilaporkan Akan Datang dengan Sensor Utama 48 MP

GadgetSquad.id – Ponsel iPhone 14 Pro dapat hadir dengan kamera utama 48 MP. Seperti yang dikuatkan oleh laporan baru-baru ini, dan akan menandai ketiga kalinya iPhone meningkatkan resolusi kamera utamanya. Kabar itu datang dari TrendForce pada 12 Januari yang menyebutkan bahwa ponsel andalan Apple yang akan datang akan menggunakan kamera 48 MP. 

Laporan itu menjelaskan bahwa meskipun pertumbuhan pengiriman kamera melambat, resolusi kamera terus meningkat. Mengambil kamera utama sebagai contoh, desain arus utama saat ini adalah 13-48 juta piksel, terhitung lebih dari 50 persen kamera pada tahun 2021, demikian dilaporkan Gadgets NDTV.

Di tempat kedua adalah produk yang menampilkan 49-64 juta piksel yang menyumbang lebih dari 20 persen kamera terakhir, dengan tingkat penetrasi diperkirakan meningkat menjadi 23 persen pada 2022. Porsi tertinggi ketiga adalah produk 12 juta piksel, saat ini didominasi oleh iPhone dan seri andalan Samsung.

Namun, kamera utama 48 juta piksel diharapkan akan diperkenalkan ke seri iPhone 14 Pro (nama sementara) yang akan dirilis Apple tahun ini, yang selanjutnya mengurangi 12 juta produk piksel menjadi 15 persen pada tahun 2022. 

Sesuai laporan oleh Apple Insider, kemungkinan Apple membutuhkan resolusi yang lebih tinggi untuk menawarkan perekaman video 8K pada ponsel Pro-nya. Tetapi mereka juga akan merekam dalam resolusi yang berbeda, tergantung pada adegannya. 

Potret atau lanskap dapat menggunakan lebih banyak megapiksel, sementara foto dengan cahaya rendah dapat menghasilkan piksel-bined menjadi 12 MP. Analis Apple terkenal Ming-Chi Kuo telah menunjuk kamera utama 48 MP pada iPhone 14 Pro pada beberapa kesempatan.

Dia juga mengatakan bahwa zoom periskop akan datang dengan iPhone 15 pada tahun 2023. Adapun bagian depan iPhone 14, beberapa laporan mengklaim bahwa secara desain akan dihilngkan notch-nya dan menggan tinya dengan punch-hole.