Ponsel Lipat Google Pixel Bakal Punya Kamera Utama 12.2 MP

GadgetSquad.id – Menurut pembongkaran APK yang dilakukan oleh 9to5Google, perangkat lipat Google Pixel yang akan datang tidak akan menampilkan sistem kamera yang sama dengan yang ada di seri Google Pixel 6. Sesuai informasi yang ditemukan dalam rilis terbaru aplikasi Kamera Google, nama kode Pixel lipat yang akan datang adalah “Pipit”, yang diubah dari “Paspor” di beberapa titik. 

Tim APK Insight menemukan bahwa ponsel Pixel yang dapat dilipat akan menggunakan kamera utama 12.2 MP yang sama dengan Pixel 5. Itu adalah Sony IMX363, bukan sensor GN1 50 MP yang ditemukan di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro baru. Sony IMX386 lainnya juga diharapkan dapat digunakan pada perangkat ini, diharapkan untuk kamera ultra-wide. 

Selain kedua kamera tersebut, terdapat bukti adanya sensor dual IMX355, yakni kamera selfie 8 MP pada Pixel 5 dan Pixel 6 (non-Pro). Diyakini bahwa “Pipit” akan memiliki kamera selfie ganda: satu untuk layar eksternal saat perangkat dilipat, dan satu lagi di layar interior saat perangkat dibuka, demikian dilaporkan GSM Arena.

Google Pixel lipat diharapkan tiba sekitar 2022. Sebelumnya diyakini bahwa Google akan mengumumkan ponsel lipat selama acara peluncuran Pixel 6 terbaru, tapi itu tidak terjadi. Bukti terbaru dari rilis 2022 dirujuk oleh “isPixel2022Foldable” yang disebutkan dalam kode APK Kamera.

Jika merujuk pada referensi serupa lainnya seperti “IsPixel2019”, yang merujuk pada Pixel 4 dan Pixel 4 XL, maka kita dapat membuat asumsi bahwa ponsel itu akan tiba tahun depan. 

Peluncuran terbaru Android 12L—versi Android 12 yang dioptimalkan untuk tablet, perangkat yang dapat dilipat, dan perangkat ChromeOS—ditujukan untuk rilis Q1 2022. Ini berarti dapat diharapkan untuk melihat perangkat Pixel yang dapat dilipat diumumkan oleh Google beberapa saat setelah itu, meskipun masih belum jelas.