Ponsel Motorola Targetkan Jadi Pemakai Pertama Sensor 200 MP

Motorola Moto G7

GadgetSquad.id – Motorola diperkirakan menjadi produsen pertama yang menggunakan sensor kamera 200 MP Samsung pada smartphone-nya. Model dengan sensor kamera yang berbeda mungkin akan debut pada awal paruh pertama tahun 2022. Samsung meluncurkan sensor 200 MP ISOCELL HP1 pada bulan September.

Sensor itu menggunakan teknologi pixel-binning baru yang membantu memberikan resolusi gambar maksimum 200 MP. Bersamaan dengan Motorola, Xiaomi juga ikut berlomba membawa ponsel 200 MP-nya tahun depan. Samsung, di sisi lain, mungkin datang dengan model internal yang membawa kamera 200 MP pada tahun 2023. 

Ice Universe di Twitter telah mengklaim bahwa Motorola akan membawa ponsel kamera 200 MP terlebih dahulu. Ini akan diikuti oleh Xiaomi yang diperkirakan akan meluncurkan smartphone barunya dengan kamera 200 MP pada paruh kedua tahun depan, dan Samsung setelah kedua merek tersebut.

Motorola dan produsen lain belum mengkonfirmasi rencana mereka, meskipun keterangan rahasia di Cina telah menguatkan rincian yang dibagikan di Twitter dan menyarankan ponsel Motorola sebagai yang pertama datang dengan kamera 200 MP Samsung. Sensor Samsung ISOCELL HP1 200 MP hadir dengan ukuran piksel 0,64 mikron piksel.

Ini juga dilengkapi dengan teknologi Chameleon Cell yang menggunakan tata letak piksel dua kali dua, empat kali empat, atau penuh—tergantung pada lingkungan—untuk memungkinkan pengguna mengambil gambar antara resolusi 12,5 dan 200 megapiksel, deminkian dilaporkan Gadgets NDTV.

Selain ponsel kamera 200 MP, Motorola dikatakan sedang mengerjakan Moto Edge X yang dapat menampilkan sensor kamera selfie 60 MP OmniVision OV60A 0,61μm. Moto Edge X juga diklaim memiliki kamera utama OmniVision OV50A 1/1,55 inci 50 MP di bagian belakang.