ProArt StudioBook Pro X

ASUS hadirkan merupakan sub-branding ProArt yang khusus diperuntukan para profesional khususnya content creator. Di seri ProArt, ASUS menghadirkan yang tidak hanya memiliki tampilan yang penuh estetika tetapi juga hadir dengan performa yang powerful. Salah satu produk yang merupakan bagian dari lini ProArt adalah StudioBook Pro X W730 dan berikut adalah kelebihannya dibandingkan dengan laptop lainnya.

  • Kelebihan ProArt StudioBook Pro XW730

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan dan keunggulan dari ProArt StudioBook Pro X W730 simak penjelasannya berikut ini

Performa Super Kencang ProArt StudioBook Pro X W730

Salah satu keunggulan seri ProArt ada pada performanya, tidak terkecuali di ProArt StudioBook Pro X (W730). Laptop kelas profesional ini hadir dengan prosesor Intel Xeon E-2276M yang dirancang khusus sebagai prosesor untuk mobile workstation. Tidak hanya memiliki jumlah core dan thread yang melimpah, prosesor ini juga hadir dengan dukungan ECC memory yang biasanya terdapat di komputer server dan desktop workstation.

ECC memory memungkinkan setiap data yang diolah oleh prosesor dari RAM tidak rusak sehingga dapat meminimalisir terjadinya error. ECC memory membuat ProArt StudioBook Pro X (W730) semakin dapat diandalkan. ECC memory di laptop ini juga dapat di-upgrade hingga kapasitas maksimal 128GB.

Soal performa grafis, ProArt StudioBook Pro X (W730) mengandalkan GPU NVIDIA Quadro RTX 5000 yang dilengkapi dengan VRAM GDDR6 sebesar 16GB. Berbeda dengan GeForce, Quadro merupakan chip grafis yang dirancang khusus untuk para profesional dan content creator. Quadro memiliki jumlah memori yang lebih besar serta kemampuan komputasi yang lebih baik untuk software kelas industri. GPU ini juga didukung oleh penyimpanan NVMe PCIe SSD Gen3 x4 berkapasitas tinggi. Tidak hanya itu, ProArt StudioBook Pro X (W730) juga mendukung teknologi RAID 0 melalui NVMe PCIe SSD Gen3 x4. Artinya, kecepatan penyimpanan dapat didongkrak hingga 6GBps atau sekitar 3 kali lipat kecepatan laptop sekelasnya tanpa konfigurasi RAID 0.

Yang paling penting adalah ProArt StudioBook Pro X (W730) sudah mengantongi sertifikasi ISV atau Independent Software Vendor. Sertifikasi ISV menandakan bahwa ProArt StudioBook Pro X (W730) telah kompatibel dan siap untuk menjalankan berbagai software kelas industri seperti software dari Adobe dan Autodesk. Sertfikasi ISV merupakan jaminan bahwa laptop ini tidak akan mengalami hambatan ketika menjalankan software kelas industri tersebut.

ProArt StudioBook Pro

Baca juga: Keunggulan ASUS ProArt, Laptop Khusus Content Creator dan Profesional

ProArt StudioBook Pro X (W730) mengusung layar berukuran 17 inci dengan resolusi Full HD. Yang menarik adalah layar laptop ini memiliki rasio yang sedikit berbeda dengan laptop pada umumnya. ProArt StudioBook Pro X (W730) menggunakan rasio layar 16:10 (1920 x 1200 pixel) sehingga ukuran layarnya lebih luar dibandingkan laptop 17 inci yang ada di pasar saat ini. Rasio layar tersebut sengaja dihadirkan agar para profesional memiliki ruang kerja ekstra sehingga dapat bekerja lebih produktif.

Layar ProArt StudioBook Pro X (W730) juga merupakan kelas profesional dan memiliki color gamut yang luas serta akurasi warna yang tinggi. Layar tersebut hadir dengan color gamut hingga 97% DCI-P3. Sebagai informasi, DCI-P3 merupakan color gamut yang memiliki color space lebih luas dari sRGB yang masih menjadi standar color gamut di laptop kelas consumer. DCI-P3 juga digunakan sebagai standar color gamut untuk berbagai industri kreatif profesional. Singkatnya, layar ProArt StudioBook Pro X (W730) mampu menampilkan warna yang lebih beragam dibandingkan laptop kelas consumer yang ada di pasar saat ini.

Kemampuan menampilkan warna yang lebih banyak juga didukung oleh kemampuan menampilkan warna yang sangat akurat. Layar ProArt StudioBook Pro X (W730) telah dikalibrasi sejak awal dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Layar laptop ini juga memiliki tingkat diviasi warna atau Delta-E < 1,5, yang artinya setiap pixel di layar ProArt StudioBook Pro X (W730) mampu menampilkan warna yang sangat akurat. Semua fitur tersebut sangat penting bagi para profesional yang memang membutuhkan akurasi warna seperti animator, video editor, dan fotografer.

Desain Modern dan Tangguh

ProArt StudioBook Pro X (W730) hadir sebagai laptop dengan desain simpel namun elegan yang terinspirasi dari bentuk briefcase. Laptop ini hadir dengan chasis berbahan magnesium alloy yang sangat tangguh dan ringan. Bodinya juga hadir dengan desain diamond cut dan memiliki fitur lay-flat pada engsel layar yang memungkinkan layar laptop ini dapat dibuka hingga 180 derajat.

Hadir dengan tampilan berwarna Star Grey, ProArt StudioBook Pro X (W730) tetap hadir dengan dimensi bodi yang sangat ringkas. Berkat fitur 4-Way NanoEdge Display yang memungkinkan bezel layar laptop ini dapat tampil hanya 3,8mm, keseluruhan bodi ProArt StudioBook Pro X (W730) dapat dipangkas ukurannya hingga menyerupai ukuran bodi laptop 15 inci. Padahal ProArt StudioBook Pro X (W730) mengusung layar 17 inci dengan screen-to-body ratio hingga 92%.

Tidak lupa juga bahwa ProArt StudioBook Pro X (W730) telah lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810G). Laptop ini telah dinyatakan lolos berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji pada lingkungan, suhu dan kelembapan ekstrem, hingga uji ketahanan fisik.

Baca juga: Pssst!! Realme X Bakal Segera Rilis di Indonesia, Harganya?

Dilengkapi ScreenPad 2.0

Agar penggunanya dapat lebih produktif, ProArt StudioBook Pro X (W730) dilengkapi dengan ScreenPad 2.0. Diperkuat software terbaru yakni ScreenXpert, ScreenPad 2.0 kini menggunakan layar touchscreen lebih luas yakni 5,65 inci yang menawarkan banyak fitur dan kelebihan. Layar kedua yang interaktif ini bisa meningkatkan produktivitas, memungkinkan pengguna untuk memiliki alur kerja yang lebih efisien.

ScreenPad 2.0 mencakup sejumlah tools yang sangat bermanfaat. Misalnya, Quick Key yang memungkinkan otomatisasi pengetikan keyboard yang kompleks menjadi cukup dengan satu sentuhan, pengenalan tulisan tangan untuk input yang alami, ataupun sebagai number key demi input data yang lebih cepat.

Antarmuka serupa smartphone yang telah dipebarui kini semakin mudah digunakan dibandingkan dengan ScreenPad generasi awal yang ada di ZenBook Pro series terdahulu. Pengembang aplikasi pihak ketiga juga bisa memanfaatkan ASUS API untuk mengoptimalkan software mereka dan pengalaman penggunaan aplikasinya pada ScreenPad.

Konektivitas Terbaik

Sebagai laptop modern, ProArt StudioBook Pro X W730 dilengkapi dengan konektivitas berteknologi terkini. Konektivitas kabel yang terdapat di ProArt StudioBook Pro X (W730) terdiri dari USB Type-A dan Type-C, HDMI 2.0, serta combo audio jack. Terdapat pula sebuah SD Card reader yang mendukung penyimpanan berupa UHS-II dengan kecepatan transfer hingga 312Mbps.

Istimewanya lagi, laptop ini telah dibekali dengan dua port Thunderblot 3 dengan interface USB Type-C. Thunderbolt 3 sangat berguna bagi para profesional yang ingin menghubungkan perangkat seperti high speed storage ataupun network adapter. Port Thunderblot 3 di ProArt StudioBook Pro X (W730) juga kompatibel dengan teknologi DisplayPort 1.4 sehingga laptop ini dapat dihubungkan dengan monitor eksternal beresolusi 8K.

Sementara untuk konektivitas nirkabel, ProArt StudioBook Pro X (W730) mengandalkan Bluetooth 5.0 sebagai fasilitas penghubung dengan berbagai perangkat seperti mouse taupun headphone wireless. Koneksi data dan internet dapat dilakukan melalui WiFi 6 yang terdapat di ProArt StudioBook Pro X (W730). WiFi 6 (802.11ax) merupakan teknologi WiFi terbaru yang memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi. ProArt StudioBook Pro X (W730) juga masih memiliki port ethernet jika Anda membutuhkan koneksi lebih stabil dan minim gangguan.

Harga ProArt StudioBook Pro X W730

ASUS ProArt StudioBook Pro X (W730) dibanderol dengan harga Rp88.000.000 dan dilindungi oleh garansi global selama 3 tahun.