realme 7 dan realme 7i (1)

GadgetSquad.id – realme 7i adalah versi yang lebih murah dari realme 7. Smartphone ini memulai debutnya dengan realme UI berbasis Android 10. Perusahaan merilis pembaruan akses awal realme UI 2.0 berbasis Android 11 untuk hape ini pada bulan Februari. Sekarang, tiga bulan kemudian, ponsel mulai menerima pembaruan stabil. 

Merek telah meluncurkan pembaruan Android 11 ke berbagai ponsel mereka yang memenuhi syarat sejak akhir tahun lalu. Tetapi beberapa perusahaan telah berjuang untuk memberikan pembaruan meskipun memiliki basis pelanggan dan kehadiran merek yang besar di banyak pasar.

Merek Oujia OnePlus dan realme adalah dua perusahaan serupa. Bagi mereka yang tidak sadar, realme telah menjalankan program beta Android 11 (realme UI 2.0) sejak September 2020. Tetapi merek tersebut telah berhasil memberikan pembaruan stabil hanya untuk beberapa perangkat. 

Sesuai merek, pengguna harus menggunakan salah satu dari tiga versi firmware ini untuk menerima pembaruan realme UI 2 .0 melalui OTA yaitu RMX2103_A.41, RMX2103_A.43, dan RMX2103_A.47, demikian dilaporkan Gizmochina.

Jika pengguna tidak puas dengan pembaruan realme UI 2.0 (Android 11) pada realme 7i mereka, maka mereka dapat melakukan rollback ke realme UI (Android 10) menggunakan paket rollback. Namun, proses ini akan menghapus penyimpanan internal ponsel.

realme 7i rilis pertama kali secara global di Indonesia. Ponsel ini hadir dengan kamera 64 MP, lensa ultra-wide 8 MP, lensa B&W 2 MP dan makro MP. Kamera depan menggunakan sensor Sony IMX471, berukuran 16 MP.

Krisva Angnieszca, PR Manager Realme Indonesia, menjelaskan saat peluncurannya pada September 2020, realme 7i memiliki fitur perekaman Mode Cinema dengan ratio 21:9. “Mode Cinema dengan ratio 21:9, membuat kamu bisa lebih berkreasi dengan menambah efek agar terlihat dramatis, ketika membuat konten video. Cocok sekali bagi yang lagi mau belajar bikin video pendek atau vlog sinematik,” jelas Krisva

Soal layarnya mengusung layar 6,5 inch dengan resolusi HD+, plus dukungan refresh rate 90 Hz yang menjanjikan layar mulus. Dapur pacunya Snapdragon 662, RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Terdapat triple slot, yang terdiri dari dual SIM Card dan microSD.

Baterai Realme 7i berkapasitas 5.000 mAh diklaim mampu bertahan hinga 34 hari standby. Diberikan dukungan pengisian cepat 18W, harga di Indonesia pada saat peluncurannya Rp 3,199 juta.