GadgetSquad.ID – Tahun 2021 dengan segala dinamikanya, bisa dikatakan menjadi salah satu masa tersulit sekaligus penuh tantangan, bagi para pelaku bisnis, termasuk vendor yang bertempur di industri hape. Namun dengan segala taktik, semua tantangan yang ada di tahun lalu, bisa dilalui dengan baik oleh para vendor.

Dari pengamatan GadgetSquad, situasi penuh tantangan tahun lalu, tidak membuat pabrikan “kendor”, menatap masa depan yang lebih cerah di tahun 2022. Dari sekian banyak vendor yang bertarung di Indonesia, menurut GadgetSquad realme menjadi salah satu vendor yang menatap tahun 2022 ini dengan rasa optimis tinggi.

Anggapan GadgetSquad di atas, tidak lepas dari manuver realme yang nampak begitu agresif dalam menutup pertarungan tahun 2021. Bahkan kampanye realme untuk terus menjadi pabrikan terkemuka, sudah dimulai dari jauh hari
Salah satu jurus realme untuk mempertahankan, sekaligus memajukan bisnisnya, yakni dengan mendapuk Madhav Sheth sebagai Presiden Internasional Business Unit realme. Madhav Sheth, sebelumnya dikenal sebagai Vice President realme global dan CEO realme India & Eropa.

Mandat yang diterima Madhav Sheth, otomatis menjadikan dirinya sebagai key person di realme Afrika, Asia Pasifik (termasuk Indonesia), Eropa Tengah dan Timur, Amerika Latin, Timur Tengah, serta Eropa Barat.

Dalam sebuah kesempatan, Madhav Sheth membagikan pemikiran dan wawasannya mengenai strategi bisnis realme, serta dan rencana pengembangan realme di tahun 2022.

Apa saja target serta strategi yang akan digunakan realme untuk memenangkan pertarungan di 2022? Bagaimana juga posisi Indonesia, dalam roda bisnis realme di tahun 2022?

Fokus ke Flagship
Selama ini realme dikenal sebagai salah satu vendor yang konsisten, merilis gadget termasuk smartphone kelas menengah. Namun jangan pernah ragukan produk racikan realme. Walau membidik kelas menengah, namun fitur serta kualitas yang ditawarkan, tak kalah dengan perangkat flagship.

Nah, tanpa melupakan produk kelas menengah, Madhav Sheth menginfokan di tahun 2022, realme dipastikan akan semakin fokus menggoda konsumen dengan berbagai perangkat segmen flagship atau premium.

“Tahun 2022 strategi produk akan memiliki fokus utama pada smartphone flagship. Langkah tersebut dijajaki realme, sebagai strategi yang bertujuan untuk menggebrak segmen premium,” beber Madhav.

Menariknya semua produk flagship tersebut, bakal disajikan dengan harga yang bersahabat. “Kami adalah disruptor di pasar smartphone global, merek trendsetter teknologi yang berfokus pada generasi muda yang menawarkan teknologi serta desain trendi dan kualitas yang terbaik dengan harga bersaing,” tegas Madhav

Merujuk fakta tersebut, bisa dipastikan di tahun 2020 semua konsumen termasuk di Indonesia, bakal dimanja dengan ragam produk terbaru dari realme, yang bakal dipersenjatai teknologi kelas premium atau flagship.

Jadi nomor 1 di Indonesia
Indonesia selama ini dikenal sebagai salah satu pasar terbesar di dunia, untuk berbagi industri termasuk hape. Fakta tersebut, membuat banyak pabrikan berlomba untuk menjadi yang terdepan di Tanah Air. realme pun dipastikan tidak mau kalah dengan kompetitor di Indonesia, bahkan target tinggi sudah dicanangkan vendor asal China ini.

Madhav Sheth menjelaskan, sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memainkan peran yang penting bagi realme. “realme saat ini menduduki peringkat 5 di Indonesia. Memasuki tahun 2022, realme Indonesia terpacu untuk menjadi merek smartphone No. 1 dalam kurun waktu 2 tahun,” ujar Madhav Sheth, optimis.

Lebih lanjut diungkapkan, bahwa tahun 2021 adalah tahun yang menantang dan disruptif bagi realme. Pasalnya di tahun 2021 realme telah mempopulerkan smartphone 5G yang paling terjangkau melalui realme 8 5G, dan smartphone dengan layar 120Hz yang paling terjangkau di harga di bawah Rp 3 juta melalui realme 8i.

“Tahun 2022 akan kembali menjadi tahun yang disruptif bagi realme di Indonesia. Merek trendsetter teknologi ini berada pada titik balik dan memiliki tujuan untuk menjadi merek smartphone No. 1 di Indonesia dalam waktu dua tahun.”

Jurus realme untuk Jadi Nomor 1
Jika melihat sepak terjang realme sejauh ini di Tanah Air, menurut GadgetSquad target pabrikan yang identik dengan brand anak muda ini, tidak berlebihan. Pertanyaannya, apa strategi khusus yang bakal diterapkan realme, untuk mewujudkan misinya menjadi brand teknologi no 1 di Indonesia, dalam 2 tahun ke depan?

Untuk mencapai target di Indonesia, Madhav Sheth memaparkan jika realme sudah menyiapkan jurus baru. Nantinya, strategi baru ini akan berfokus pada kombinasi penjualan online & saluran pemasaran digital berefisiensi tinggi.

Selain itu, realme juga akan berupaya untuk meminimalkan perantara dengan mengurangi biaya produksi, sehingga realme dapat memberikan manfaat langsung kepada para pengguna melalui produk terbaiknya.

Dari segi produk, realme diungkapkan akan masuk dan mendisrupsi segmen premium yang mengedepankan strategi ‘Flagship Killer’. Langkah tersebut, menjadikan realme sebagai satu-satunya brand dengan lini produk flagship yang mendisrupsi pasar premium dengan harga terjangkau untuk semua kalangan.

Madhav Sheth menerangkan, sejatinya realme sudah mulai menjalankan misinya mendisrupsi segmen premium. Dimana realme membocorkan di 2022, akan merilis realme GT 2 Pro yang akan ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Seri realme realme GT 2 Pro sendiri, digadang sebagai salah satu produk flagship pertama yang dilengkapi dengan chipset terbaru oleh Qualcomm.

Sementara itu, dalam pengembangan AIoT, realme memiliki strategi AIoT “1+5+T”; di mana smartphone sebagai perangkat sentral (1), laptop, TV, jam tangan pintar, headphone nirkabel, dan speaker pintar masuk dalam kategori (5), dan T yang merupakan singkatan TechLife yang menawarkan berbagai perangkat AIoT cerdas untuk anak muda.

Tak hanya itu, realme juga mempersiapkan pengumuman besar untuk inovasi-inovasi terbaru di beberapa acara besar berskala global. Nantinya, pengumuman produk-produk keren itu, akan disiarkan langsung di kanal YouTube realme Indonesia dan gelaran MWC 2022 di Barcelona.

Lebih lanjut, selain memanjakan konsumen dengan produk flagship, di tengah misi jadi nomor 1 di Tanah Air, realme juga akan mengumumkan komitmennya terhadap perlindungan lingkungan. Ketiganya merupakan teaser disruptif dari realme untuk menyongsong tahun 2022, disamping ambisi untuk menjadi merek smartphone No. 1 di Indonesia dengan model bisnis yang baru.

“Berdasarkan analisa visi strategis dan ketajaman pasar, realme akan menghadirkan produk dengan teknologi terdepan, desain trendsetting kepada konsumen serta kualitas tinggi. Tergolong masih pemula di industri teknologi, kami ingin tumbuh lebih besar dan lebih bersinar,” tukas Madhav.