Xiaomi, perusahaan elektronik dan teknologi pintar yang berfokus pada smartphone, perangkat pintar, dan platform Internet of Things (IoT) hari ini memperkenalkan Redmi A1, ponsel entry-level yang ditujukan bagi seluruh kalangan masyarakat Indonesia yang mendambakan smartphone andal untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Dengan dukungan sistem operasi Android 12 yang smooth dan cepat di kelasnya, Redmi A1 akan mampu menjawab kebutuhan sehari-hari penggunanya seperti untuk menjalankan aplikasi chat, media sosial, internet, serta berfoto.

Untuk melengkapi komitmen Xiaomi dalam menghadirkan teknologi yang menyeluruh bagi masyarakat Indonesia, Redmi A1 juga tercatat sebagai smartphone 4G yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) tertinggi saat diluncurkan yaitu sebesar 40.3%.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi komitmen Xiaomi Indonesia yang konsisten dalam menerapkan TKDN. “Pencapaian TKDN yang tertinggi ini merupakan perwujudan komitmen yang sejalan dengan kebijakan kami dan roadmap pendalaman struktur yang telah ditetapkan Kemenperin bagi para pelaku industri seluler. Ke depannya kami berharap agar para pelaku industri juga mulai menerapkan aspek riset dan pengembangan yang dilakukan di Indonesia,” katanya.

Sebelumnya dalam industri telepon seluler Kemenperin telah menargetkan SMT Process, Industrial Mechanical Design, industri casing, industri baterai, casis molding design, dan industri antena supaya dapat dilakukan di dalam negeri.

Baca juga: Xiaomi Redmi A1

Berkat aspek manufaktur (penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, penambahan proses SMT untuk perakitan PCB), pengembangan produk untuk software secara lokal, dan pengembangan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal, Redmi A1 mampu melebihi standar TKDN yang ditetapkan pemerintah lewat Peraturan Menteri Kominfo No 13 Tahun 2021.

“Xiaomi meyakini bahwa semua masyarakat di dunia berhak menikmati inovasi teknologi, oleh karena itu Redmi A1 hadir di Indonesia guna memberikan akses bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses teknologi yang dapat memengaruhi kehidupannya sehari-hari menjadi lebih baik,” kata Direktur Xiaomi Technology Indonesia Manish Dang.

Redmi A1 hadir dengan baterai berkapasitas besar 5000mAh yang memungkinkan penggunanya untuk dapat tetap aktif seharian tanpa kehabisan daya. Selain itu, smartphone ini juga telah mendukung 10W fast charging dan 10W in-box charger dalam paket penjualan.

Dari segi dapur pacu yang menunjang performa dan kapasitas ponsel, Redmi A1 dibekali prosesor octa-core yang bekerja dalam jaringan 4G dengan kecepatan hingga 2.0 GHz, teknologi memori LPDDR4X + eMMC 5.1, dengan teknologi ekspansi RAM hingga yang memungkinkan. Untuk fleksibilitas koneksi dan Redmi A1 mampu mengaktifkan dua SIM Card secara bersamaan dan memiliki slot microSD dengan kapasitas hingga 1TB.

Untuk kamera, Redmi A1 memiliki dual camera (8MP main camera + 5MP front camera) dengan teknologi AI, sebuah keunggulan tersendiri di kelasnya. Dengan fitur tersebut Redmi A1 dapat menghasilkan foto yang berkualitas, ditambah beberapa pilihan mode kamera yang tersedia, seperti portrait, video, short video, dan time lapse. Setiap foto dapat ditampilkan dengan sempurna oleh layar Redmi A1 yang mempunyai ukuran besar, yaitu 6.52” Dot Drop Display, yang mampu menghasilkan gambar kualitas HD+, dengan aspek rasio 20:9.

Guna memperluas cakupan penyediaan akses terhadap teknologi, Xiaomi Indonesia juga bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi digital terdepan di tanah air, Telkomsel yang memberikan dukungan berupa bundling simcard Telkomsel PraBayar beserta paket data terjangkau BundlingMax dengan kuota hingga 8GB+3GB mulai dari harga Rp30 ribu yang terdapat dalam kemasan penjualan Redmi A1.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng menjelaskan, “Sebagai leading digital telco, Telkomsel secara konsisten terus membuka peluang dalam menghadirkan pemerataan dan kesetaraan pengalaman akses konektivitas digital yang didukung oleh jaringan broadband berteknologi terdepan hingga pelosok negeri. Kolaborasi bersama Xiaomi kali ini merupakan bagian dari upaya kami dalam merealisasikan komitmen tersebut, yang juga sejalan dengan salah satu upaya yang sedang kami lakukan melalui upgrade seluruh layanan 3G ke 4G sejak awal tahun 2022. Dengan menghadirkan ragam produk dan layanan unggulan yang customer-centric, Telkomsel berharap dapat lebih memberdayakan kemajuan masyarakat di seluruh penjuru negeri dan mendorong penguatan ekosistem digital nasional yang semakin inklusif serta berkelanjutan.”

Kerja sama dengan Telkomsel tersebut juga memperkuat komitmen kedua pihak untuk menyediakan akses terhadap teknologi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia karena Telkomsel baru-baru ini juga telah melakukan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G di 19 kota atau kabupaten yang tersebar di Sumatera, Kalimantan, Maluku, dan Jawa Tengah.

Diluncurkan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022, Redmi A1 hadir dengan desain boks spesial bertema Indonesia karya Sigit Setyo Nugroho yang merupakan seorang Xiaomi fans. Redmi A1 memiliki desain flat frame yang stylish dengan unibody curved di bagian belakang, dan berbalut desain leather texture yang tampak mewah bagi ponsel di kelasnya.

Hape smart pilihan tepat ini hadir dalam dua varian memori, yaitu RAM 2GB dan RAM 3B yang masing-masing akan dapat diekspansi hingga 2GB, dukungan storage sebesar 32GB yang didukung eksternal slot MicroSD, serta hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Black dan Light Blue.

Harga Redmi A1 dan Promo 

Dalam rangka penjualan perdana, Xiaomi Indonesia menawarkan harga promosi khusus secara terbatas dengan harga Rp999.000 untuk pengguna smartphone Redmi seri A (Redmi 6A, Redmi 7A, Redmi 8A, Redmi 8A Pro, Redmi 9A, Redmi 10A) yang melakukan transaksi lewat Mi.com.

Tipe

Penjualan Perdana

Ketersediaan

Harga

Redmi A1

4 November 2022

Online: Mi.com, Xiaomi Official store (Tokopedia, Shopee, JDID, Blibli, Akulaku)

Offline: Xiaomi Store, Xiaomi Shop, Erafone

Rp1.149.000 (2GB + 2GB | 32GB)

Rp1.249.000 (3GB + 2GB | 32GB)

Spesifikasi Redmi A1

Harga

Baru Rp 1.149.000 (2GB/32GB) dan Rp 1.249.000 (3GB/32GB)

Jaringan

Ketersediaan

Bodi

Dimensi 164.9 x 76.8 x 9.1 mm ; 192 gram

Layar

Jenis IPS LCD, 400 nits (typ);6.52 inches, 102.6 cm2 (~81.0% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)

Performa

Prosesor Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm); Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8320

Memori

Kamera

Kamera Belakang 8 MP, f/2.0, (wide) 0.08 MP (QVGA) Features Dual-LED flash, HDR
Kamera Depan 5 MP, f/2.2
Video Belakang 1080p@30fps; Depan: 1080p@30fps

Audio

Konektivitas

WiFi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFC No

Fitur Lainnya

Baterai

Kapasitas Li-Po 5000 mAh, non-removable