GadgetSquad.ID – Dari Solo, lalu Jakarta, akhirnya koneksi 5G Indosat Ooredoo, secara resmi menyapa kota Surabaya, Jawa Timur. Robotic Hall, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), menjadi saksi peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Kota Pahlawan.

Ahmad Al-Neama, President Director dan CEO Indosat Ooredoo mengatakan, peluncuran tersebut merupakan komitmen mereka untuk menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia.

“Teknologi ini akan membantu membuka banyak kemungkinan untuk pendidikan, masyarakat, dan ekonomi daerah,” kata Al-Neama.

Acara peluncuran tersebut 5G turut dihadiri pejabat penting mulai dari Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa mengatakan dirinya senang dengan kehadiran layanan 5G Indosat Ooredoo di Surabaya.

“Kami juga memiliki visi Jatim Interconnected yang artinya satu data Jawa Timur merupakan kebutuhan mendesak yang kini bisa dipenuhi oleh teknologi 5G,” katanya.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa pandemi juga memicu akselerasi inovasi, digitalisasi, dan tatanan baru ekonomi. Karenanya ia sangat mendukung kehadiran teknologi 5G.

“Kita harus maksimalkan untuk sebisa mungkin membuka lapangan kerja, peluang usaha, agar Indonesia bisa sejahtera, adil, dan makmur,” kata Sandi.

Bertepatan momen peluncuran tersebut, juga diresmikan 5G Experience Center, yang merupakan hasil kolaborasi Indosat Ooredoo dengan ITS, Nokia, dan Universitas Oulu Finlandia.

Adapun 5G Experience Center tersebut, akan melengkapi inovasi dan pengembangan konten use case lokal, yang sesuai dengan kebutuhan kota.

5G Experience Center juga akan menjadi katalisator pengembangan ekosistem 5G di Indonesia, dengan terbentuknya Forum 5-IONE (5G-Indonesia Institution of Innovation ITS Indosat Oulu Nokia Ecosystem).